3 Penyebab DOC Ayam Kampung Mati

Pertanianku — Salah satu kunci utama sukses beternak ayam kampung adalah keberhasilan DOC untuk tumbuh dan berkembang hingga siap panen. Semakin banyak DOC yang mati, semakin sedikit ayam yang bisa dipanen. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus, bukan tidak mungkin jika peternakan Anda akan mengalami kerugian. Sebenarnya, apa penyebab DOC ayam kampung mati?

penyebab DOC ayam kampung mati
Foto: Pixabay

Infeksi

Penyebab pertama adalah infeksi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh cuaca yang ekstrem. Bisa juga disebabkan oleh sanitasi kandang yang kurang bagus. Kandang yang kotor dan tidak pernah dibersihkan menjadi sarang kuman dan bakteri. Saat musim penghujan, ayam di kandang open house sangat rentan sekali untuk terkena virus dan bakteri.


Loading...

Untuk mengatasinya, jemurlah ayam di pagi hari. Sinar matahari pagi sangat bagus untuk membuat ayam berkeringat dan demam akan mereda. Anda juga bisa memberikan obat penurun panas pada ayam yang bisa didapatkan di toko hewan.

Tentunya, mencegah lebih baik dibanding mengobati. Pencegahannya bisa dengan menjaga sanitasi kandang dengan baik, general cleaning pada kandang setiap satu minggu sekali, memberikan vitamin pada DOC secara rutin, dan pisahkan DOC sehat dari yang sakit.

Distribusi yang memakan waktu

Penyebab kematian terbanyak pada DOC ayam kampung adalah distribusi yang banyak memakan waktu. Misalnya Anda membeli DOC di kota B, sedangkan Anda berada di kota A, hal tersebut akan membuat DOC menjadi stres selama di perjalanan. Boleh saja Anda membeli bibit ayam kampung di kota yang berbeda, tetapi harus memperhatikan perawatan DOC selama di perjalanan.

Jangan membuat DOC ayam menjadi stres akibat banyaknya guncangan di jalan. Pastikan DOC di dalam kendaraan aman dari guncangan, seperti menaruhnya di boks yang aman dan juga empuk. Lebih baik ketika membeli DOC, memakai kendaraan di peternakan dibanding menggunakan jasa pengiriman yang belum tahu bagaimana pelayanannya.

Setting brooder yang salah

Kematian DOC secara dini disebabkan oleh setting brooder yang tidak tepat. Suhu brooder di-setting terlalu panas atau terlalu dingin sehingga DOC ayam kampung menjadi kepanasan atau kedinginan.

Anda bisa mengetahui apakah setting brooder ini sudah tepat dengan cara melihat gerak-gerik DOC. Jika mereka berkumpul di bawah brooder, suhunya masih dingin. Jika DOC menjauhi brooder, itu tanda suhunya terlalu panas.

Cara mengatasinya dengan menyetel suhu dengan tepat dan mengontrolnya secara teratur. Brooder ini juga harus memiliki jarak yang tepat dengan kandang DOC, jangan terlalu jauh atau dekat.

Loading...
Loading...