3 Sayuran yang Tidak Boleh Dihangatkan

Pertanianku — Memasak sayur dalam jumlah banyak sering menyebabkan sayur menjadi dingin ketika hendak dihidangkan. Biasanya, orang akan menghangatkan kembali sayuran tersebut. Padahal, ada jenis sayuran yang tidak boleh dihangatkan ulang setelah dimasak.

Kandungan dalam beberapa jenis sayuran tidak baik bila terkena paparan panas yang terlalu lama. Menghangatkan ulang masakan sebaiknya tidak dilakukan agar manfaat dari sayuran masih bisa dirasakan oleh tubuh. Berikut ini jenis sayuran yang tidak boleh dihangatkan.

Bayam

Loading...
sayuran yang tidak boleh dihangatkan ulang
Foto: pixabay

Sayuran ini mengandung nitrat. Pada bayam kandungan nitrat ini cukup tinggi walaupun masih berada di bawah batas aman yang bisa dikonsumsi.

Nitrat yang dipanaskan pada suhu tinggi bisa berubah menjadi nitrit. Tubuh yang mengonsumsi terlalu banyak nitrit bisa mengalami berbagai penyakit kesehatan. Salah satunya adalah methemoglobinemia, yaitu darah tidak bisa memompa oksigen ke tubuh.

Memanaskan masakan yang mengandung bayam dikhawatirkan bisa merusak kandungan anti-oksidan dan vitamin dalam bayam. Beberapa vitamin yang terkandung dalam bayam antara lain vitamin A, K, C, dan asam folat. Selain jangan dipanaskan kembali, memasak bayam juga sebaiknya jangan terlalu lama.

Seledri

sayuran yang tidak boleh dihangatkan ulang
Foto: freepik

Banyak digunakan sebagai pemberi aroma masakan, seledri biasanya diberikan pada bakso, olahan mi, sup, dan sayuran lain. Seledri sangat jarang dimasak sebagai bahan baku utama. Namun, memanaskan kembali makanan yang mengandung seledri sebaiknya tidak dilakukan.

Kandungan nitrat dalam seledri cukup tinggi. Sama seperti bayam, pemanasan yang berlebihan pada seledri bisa menimbulkan berbagai dampak kesehatan. Lebih baik, konsumsi seledri dalam keadaan segar.

Jamur

sayuran yang tidak boleh dihangatkan ulang
Foto: pixabay

Walaupun tidak termasuk jenis sayuran, baik sayuran daun, sayuran buah maupun sayuran umbi, memasak jamur secara berlebihan sebaiknya dihindari. Kandungan dalam jamur yang baik bagi kesehatan dan pertumbuhan meliputi protein, serat, dan vitamin.

Baca Juga:  Mengenal Sayuran Compositae

Jamur yang dipanaskan lebih dari satu kali, akan mengubah susunan protein pada jamur tersebut. Protein ini pun berubah menjadi zat yang berbahaya bagi tubuh. Salah satu akibat mengonsumsi masakan jamur yang dipanaskan ulang adalah dapat menimbulkan masalah asam lambung hingga penyakit jantung.

Loading...
Loading...