3 Tanaman Hias Merambat Berwarna Cerah

Pertanianku Tanaman hias merambat biasanya ditanam di halaman dan pekarangan. Tanaman ini pun akan tumbuh menutupi pagar, batang pohon, dan dinding rumah sehingga rumah tampak lebih asri dan alami.

Anda bisa mempertimbangkan tanaman hias merambat untuk mempercantik pekarangan dan taman Anda. Di dunia, ada beberapa jenis tanaman hias merambat yang populer ditanam di pekarangan.

Soapwort

Loading...
Tanaman hias merambat
Foto: pixabay

Tanaman soapwort terkenal dapat tumbuh dalam waktu yang relatif cepat. Bunga kecil-kecil berwarna merah muda cerah akan menutupi pagar atau dinding dengan indah. Perawatan tanaman hias merambat ini juga tidak rumit dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Sayangnya, bunga soapwort tidak begitu harum.

Mandevilla

Tanaman hias merambat
Foto: pixabay

Jika Anda menyukai bunga yang berbau harum, soapwort mungkin bukan pilihan yang tepat. Namun, bunga mandevilla bisa Anda pilih sebagai tanaman hias di pekarangan dan pagar rumah Anda. Bunga ini juga berwarna merah muda cerah. Selain itu, mandevilla juga hadir dalam warna merah dan putih.

Mandevilla biasanya ditanam di pagar besi. Tanaman ini menyukai sinar matahari. Semakin banyak mendapatkan sinar matahari, tanaman mandevilla akan semakin lebat oleh bunga yang indah. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok menjadi tanaman pekarangan.

Keunggulan lain dari mandevilla adalah akar tanaman yang juga bisa melilit pagar besi sehingga menambah keindahan. Sayangnya, mandevilla sangat rentan terhadap nematoda tanah. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti media tanam dengan arang kelapa.

Dipladenia

Tanaman hias merambat
Foto: pixabay

Tanaman hias dipladenia cocok bagi Anda yang mengincar tanaman hias merambat yang selalu berbunga. Warna merah cerah dari tanaman ini sangat indah. Sekilas, Anda akan menyangka bahwa dipladenia mirip dengan adenium yang bunganya juga berwarna merah cerah. Namun, tanaman ini ternyata masih berkerabat dengan mandevilla.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Jika dibandingkan dengan mandevilla, ukuran daun dipladenia akan tampak lebih kecil. Selain itu, sama seperti mandevilla, tanaman dipaldenia juga senang mendapat sinar matahari. Semakin banyak mendapat paparan sinar matahari, bunga dipladenia pun akan tumbuh subur. Tanaman dipladenia biasanya ditanam di dekat tiang ataupun dinding rumah.

Loading...
Loading...