4 Alasan Anda Harus Beternak Lele ala William Perkasa


Pertanianku — Setiap orang mungkin memiliki trik khusus sendiri dalam beternak lele, walaupun semuanya menggunakan teknik dasar yang sama. Namun, William Perkasa, seorang peternak lele yang juga aktif sebagai YouTuber ini memiliki trik rahasia. Nah, kenapa harus trik beternak lele ala William Perkasa?

beternak lele ala William Perkasa
Foto: Dok. Pertanianku

Sebab, ia menggunakan trik sederhana tanpa ilmu formal di bidang perikanan dan belajar budidaya lele secara otodidak. Jadi, Anda tak perlu khawatir karena apa yang dilakukan oleh William cukup mudah untuk ditiru.

Berikut ini beberapa poin yang bisa dijadikan patokan kenapa harus membudidayakan lele ala William Perkasa.

  1. Konsep/mindset bahwa budidaya lele itu mudah

Berdasarkan pengalamannya kurang lebih 4 tahun, ia menyadari bahwa ternyata berbudidaya lele itu mudah dan sederhana, bahkan dengan nol pengalaman di bidang budidaya perikanan! Tentu saja, setelah ilmu dan langkah-langkah budidayanya dipelajari dengan baik.

Sayangnya, banyak pemula yang menjalankan budidaya lele tanpa memahami teknis secara keseluruhan mengenai budidaya ikan berkumis ini secara sederhana. Akibatnya, ketika mengalami kegagalan, mereka langsung berhenti di tengah jalan dan berkesimpulan bahwa budidaya lele sulit.

Oleh karena itu, mindset inilah yang harus diubah. Calon pembudidaya lele harus mempelajari terlebih dahulu urutan kegiatan pada budidaya dari awal hingga akhir. Setelah itu, baru kemudian dipraktikkan. Setelahnya, akan didapatkan kesimpulan bahwa budidaya lele itu mudah.

  1. Metode budidaya konvensional sekaligus intensif

William menyebut teknik yang dijalankannya saat ini merupakan teknis budidaya lele sederhana/konvensional sekaligus intensif. Sederhana di sini mengacu pada teknik budidaya yang tidak rumit (ribet), yang mana harus mengikuti ‘aliran’ tertentu pada budidaya lele. Justru, yang dilakukan William adalah yang dijalankan berdasarkan urutan kegiatan budidaya sederhana yang mudah diaplikasikan oleh pembudidaya-pembudidaya baru.

Sementara, intensif yang dimaksud William adalah kita harus sangat peduli dengan kondisi air dan ikan di dalam kolam dari hari ke hari, bahkan dari jam ke jam. Tujuannya, memastikan kondisi ikan optimal dan dapat segera melakukan treatment terbaik apabila kondisi air kolam atau ikan bermasalah. Ia berprinsip bahwa melakukan budidaya seintensif mungkin dan melakukan pencegahan sedini mungkin merupakan langkah terbaik.

  1. Pemanfaatan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan

Menjaga kesehatan ikan dan mencegah serangan penyakit pada ikan merupakan poin penting pada budidaya lele ala William. Agar mudah diaplikasikan oleh para pembudidaya di berbagai daerah dan aman bagi ikan, ia mengaplikasikan bahan-bahan alami dan herbal seperti probiotik, molases, garam, cuka, bawang putih, dan daun sirih.

  1. Berdasarkan pengalaman langsung

Hal yang paling penting dari ketiga poin di atas, yaitu teknik budidaya ala William sudah dipraktikkan secara langsung olehnya selama kurang lebih 4 tahun dan menuai kesuksesan. Apa yang diuraikan pada ketiga poin di atas tadi sudah terbukti dan membuat ikan lele sehat serta hasil panen maksimal.