4 Cara Paling Tepat Menentukan Musim Tanam


Pertanianku — Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan budidaya tanaman. Salah satunya ialah ketepatan dalam menentukan musim tanam yang tepat seperti berikut ini.

menemtukan musim tanam
Foto: Shutterstock
  1. Mengenal musim di Indonesia

Kita semua sudah diajari sejak SD bahwa musim di Indonesia terbagi menjadi musim hujan, musim pancaroba (peralihan), dan musim kemarau. Pada musim penghujan, kelembapan udara di sebagaian besar wilayah Indonesia akan tinggi sehingga mulailah turun hujan. Musim hujan di Indonesia terjadi antara September—Maret.

Musim kemarau ditandai dengan kelembapan udara sangat minim. Rerumputan mengering. Namun, pada saat kemarau suhu udara akan terasa sangat dingin di malam hari. Musim kemarau dimulai pada April—Agustus.

Musim pancaroba berlangsung singkat. Untuk peralihan dari musim kemarau ke musim hujan terjadi pada September—November, sedangkan untuk peralihan dari musim hujan ke musim kemarau terjadi pada Maret—Mei.

  1. Tanaman untuk musim penghujan

Pada musim penghujan ketersediaan air sangatlah melimpah. Daun tanaman menghijau dengan suburnya dikarenakan kandungan nitrogen bebas dalam air hujan. Pada musim hujan ini disarankan untuk menanam berbagai macam tanaman seperti sayuran dan buah-buahan. Namun demikian, juga harus selektif menyesuaikan ketinggian lahan dari permukaan air laut serta ketahanan tanaman tersebut.

Daftar tanaman yang cocok ditanam di musim hujan di anataranya padi, sawi, kubis, causin, bayam, kangkung, terong, kacang panjang, timun, semangka, melon dan lain-lain. Anda juga sebaiknya memperhitungkan bulan jatuhnya panen agar tepat waktu. Untuk tanaman berbuah sebaiknya jangan panen di puncak musim penghujan (Januari—Februari).

  1. Tanaman untuk musim kemarau

Tanaman untuk musim kemarau sebaiknya dipilih tanaman yang menargetkan buah dan umbi untuk dipanen. Pada musim kemarau hama tanaman lebih intens pada jenis serangga seperti kutu daun yang menularkan virus keriting dan bulai.

Baca Juga:  Tumbuhan Penghasil Uang Ini Wajib Anda Tanam

Daftar tanaman yang cocok ditanam saat musim kemarau adalah jagung, ubi, ketela, tomat, kentang, kacang tanah, kacang hijau, labu dan lain sebagainya. Jenis tanaman umbi-umbian justru menghasilkan kualitas umbi yang baik apabila dipanen saat musim kemarau.

  1. Tanaman untuk musim pancaroba (peralihan)

Sebenarnya yang paling dinanti petani profesional justru malah musim pancaroba. Sebab, pada musim pancaroba hampir setiap jenis tanaman bisa dibudidayakan dengan normal. Populasi hama dan penyakit juga berada pada level sedang sehingga mudah diatasi. Walhasil panen di musim pancaroba merupakan panen yang ideal.

Daftar tanaman yang cocok ditanam di musim pancaroba (peralihan) sangatlah banyak di antaranya padi, cabai, tomat, terong, timun, semangka, melon, umbi-umbian, sayur-sayuran dan jenis tanaman serealia juga cocok ditanam di musim pancaroba.