4 Daun Terbaik Sebagai Pakan Alami Kambing


Pertanianku — Terdapat dua jenis makanan kambing, yaitu makanan alami dan konsentrat. Tahukah Anda, memberi makan kambing dengan rumput ternyata tidak boleh sembarangan. Peternak harus memerhatikan kandungan rumput pada pakan alami kambing itu.

pakan alami kambing
Foto: Pixabay

Nah, berikut beberapa rumput terbaik yang bisa Anda berikan sebagai pakan alami untuk kambing-kambing kesayangan Anda.

  1. Daun singkong

Daun singkong memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan baik untuk makanan kambing. Daun singkong juga berfungsi sebagai anticacing dan meningkatkan daya tahan pencernaan kambing terhadap mikroorganisme jahat. Hal yang harus diperhatikan bila memberikan makan daun singkong, yaitu sebaiknya daun singkong dibiarkan sehari sampai layu baru bisa digunakan sebagai makanan kambing.

  1. Daun turi

Daun turi sangat baik untuk makanan kambing, terutama saat akhir masa kehamilan kambing dan awal masa laktasi. Kandungan protein kasar pada bentuk segar, serat kasar pada bentuk tepung serta memiliki kandungan energi tinggi membuat daun turi kambing cepat gemuk.

Daun turi dapat diberikan pada kambing dalam bentuk segar ataupun yang telah dijadikan tepung. Untuk membuat tepung, cukup jemur daun turi kemudian digiling. Tepung dari daun turi ini dapat digunakan sebagai bahan campuran pakan jenis konsentrat. Kelebihan daun ini adalah daun tetap dapat tumbuh subur saat musim kemarau.

  1. Daun kaliandra

Makanan kambing alami selanjutnya adalah daun kaliandra. Kandungan protein pada daun ini yang cukup tinggi sangat baik untuk makanan kambing. Namun, selain kandungan protein yang tinggi, kandungan tannin pada daun ini juga cukup tinggi. Oleh karena itu, pemberian daun kaliandra sebagai pakan ternak harus dicampur dengan daun gamal atau turi.

  1. Daun teresede

Teresede dikenal juga dengan nama gamal. Daun teresede merupakan salah satu makanan kambing yang cukup baik. Teresede memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Namun, teresede mempunyai bau yang cukup menyengat sehingga harus disiasati agar kambing mau memakannya. Caranya, dengan menjemur teresede sampai layu dan berikan pada kambing saat kambing merasa lapar.

Baca Juga:  Biosecurity, Pencegah Penyakit Ayam yang Ampuh