4 Hewan yang Menjadi Hama Pohon Mangga dan Cara Mengatasinya

Pertanianku Hama pohon mangga bukan hanya berbentuk ulat dan cendawan. Sejumlah burung dan mamalia yang berada di perkebunan dapat menjadi hama pohon mangga. Sebab, hewan-hewan tersebut akan mengincar buah mangga untuk dimakan.

hama pohon mangga
foto: pertanianku

Kalong atau kelelawar

Kalong atau biasa disebut keluwang memiliki sosok seperti kelelawar, tetapi ukuranya lebih besar dari kelelawar. Saat siang hari kalong akan sulit ditemukan karena ia akan beristirahat di pohon yang besar dan tinggi. Menjelang sore hari mereka akan beterbangan mencari pakan berupa buah, seperti buah mangga, pepaya, pisang, durian, jambu, dan beberapa jenis buah lainnya.

Loading...

Habitat kalong biasanya berada pada dataran rendah dan merupakan salah satu hama yang paling berbahaya untuk perkebunan pohon mangga. Hal ini dikarenakan saat menyerang pohon yang sudah memiliki buah masak dilakukan dengan cara bersamaan dengan para koloninya selama beberapa hari berturut-turut.

Kalong dapat ditangkap dengan jala yang dipasang di perkebunan. Kalong yang ditangkap dapat diolah dijadikan konsumsi, seperti lauk. Cara lain untuk mengusir kalo dari perkebunan adalah dengan menggunakan kincir angin yang diberi peluit, bunyi peluit akan menakut-nakuti kalong. Pohon mangga yang memiliki banyak semut rangrang juga akan mencegah kalong hinggap karena kalong takut dikerumuni semut.

Codot

Codot adalah kelelawar kecil pemakan buah-buahan. Kehadirannnya juga sama seperti kalong, yakni hama bagi pohon yang sedang berbuah. Penanganannya dapat dilakukan sama dengan pengendalian kalong.

Kera

Kebun mangga yang berdekatan hutan, rawan diserang hama kera. Hal ini dikarenakan kera akan datang beramai-ramai memakan buah yang sudah masak. Tentunya hal ini akan menyebabkan kerugian bagi para petani. Namun, kera merupakan hewan yang dilindungi. Cara mengatasi kera hanya bisa dilakukan dengan menghalau mereka agar tidak masuk ke perkebunan. Jangan membunuh hama kera karena sebagian kera merupakan hewan langka.

Baca Juga:  Peluang Usaha Jambu Air Madu Deli Semanis Rasa Buahnya

Burung

Burung juga sama dengan hewan-hewan yang lainnya. Mereka hinggap pada pohon mangga dan memakan buahnya. Burung yang biasa jadi hama pohon buah, yakni jalak, kepodang, kutilang, dan cucak. Pengendalian hama burung dilakukan dengan mengusirnya menggunakan bunyi-bunyian atau memasang orang-orangan di pohon yang dapat ditarik-tarik. Burung biasanya akan takut dengan gerakan orang-orangan.

Loading...
Loading...