4 Jenis Bunga Cempaka yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Pertanianku — Ada banyak jenis bunga cempaka, kurang lebih 50-an jenis yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, ada empat jenis bunga cempaka yang dapat kita temui.

jenis bunga cempaka
Pixabay

Nah, keempat jenis bunga cempaka ini tentunya memiliki bentuk dan warna bunga yang berbeda. Penasaran warna apa saja bunga cempaka yang ada di Tanah Air? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Cempaka putih

Bunga cempaka putih biasa disebut juga bunga kantil dan sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cempaka putih memiliki nama Latin Michelia alba. Tanaman ini bisa tumbuh sampai 30 meter. Ciri khas fisiknya ada bulu-bulu halus yang terdapat di rantingnya dan warnanya keabu-abuan.

Daun cempaka putih merupakan daun tunggal yang warnanya hijau cerah. Bunga yang masih muda akan berwarna hijau, tetapi setelah mekar, warna bunga akan berubah menjadi putih bersih.

Buat Anda yang asli Jawa Tengah, pasti tidak asing dengan bunga ini. Sebab, bunga cempaka putih merupakan flora yang menjadi ciri khas provinsi ini.

  1. Cempaka merah

Walaupun cempaka merah tidak begitu populer di Indonesia, bunga ini tetap indah dan menarik. Bunga ini masuk dalam keluarga Magnoliaceae.

Bunganya berwarna merah muda dan tumbuhnya di ujung ranting dengan ukuran bunga antara 5—7 cm dengan kelopak yang tersusun rapi. Seperti cempaka putih, bunga ini juga memiliki wangi yang khas.

Nah, hal unik dari bunga ini ialah waktu mekarnya, cempaka merah hanya akan mekar selama dua jam. Setelah itu, bunga akan layu dan bentuknya akan terlihat seperti cempaka biasa.

Bunga ini cukup langka dan banyak kolektor tanaman yang ingin memilikinya. Harga cempaka merah cukup mahal, sekuntum bunga saja bisa dibandrol dengan harga Rp1juta—Rp3 juta. Hal ini dipengaruhi oleh sulitnya untuk mengembangbiakkan tanaman ini sehingga keberadaannya menjadi langka dan harganya menjadi mahal.

  1. Cempaka ungu
Baca Juga:  Inilah Faktor Penyebab Tanaman Anggrek Rajin Berbunga

Cempaka ungu memiliki nama Latin Magnolia liliiflora. Bunganya indah, berwarna ungu terang, dan sangat wangi. Umumnya, tanaman cempaka ungu akan berbunga saat awal musim hujan.

Perlu Anda ketahui, tanamannya akan tumbuh secara optimal jika ditanam di dataran tinggi yang suhu lingkungannya antara 20—26° Celsius.

  1. Cempaka kuning

Cempaka kuning merupakan identitas dari Provinsi Aceh (Nangroe Aceh Darussalam). Di daerah tersebut, bunga ini dikenal dengan nama bungong jeumpa gadeng. Selain itu, bunga ini sering juga disebut sebagai cempaka wangi karena memiliki wangi yang khas. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 25 meter.

Bunga tanaman ini berwarna kuning seperti namanya, tapi kuningnya cenderung keruh mendekati warna jingga. Aroma dari bunga cempaka kuning sangat harum, kamu bisa mencium wanginya bahkan tanpa perlu mendekatkan hidung dengan bunganya.

loading...
loading...