4 Jenis Hama dan Penyakit yang Umum Menyerang Selada

Pertanianku — Salah satu tantangan dalam budidaya selada adalah adanya berbagai jenis hama dan penyakit tanaman yang menyerang. Hama dan penyakit selada ini sangat beragam. Namun, ada 4 jenis yang paling banyak meresahkan para petani selada.

Selada
foto: pixabay

Jangel

Jangel memiliki nama ilmiah, yakni Bradybaena similaris ferussac. Hama ini berbentuk seperti siput yang sangat kecil. Ukuran jangel hanya berkisar 2 cm. Hama jangel cukup berbahaya dalam menyerang tanaman ini.

Loading...

Tak hanya tanaman yang disemaikan, jangel juga menyerang tanaman yang sudah tumbuh di lahan. Tanaman dengan segala umur sangat rentan terserang jangel. Mereka biasanya bersembunyi pada pangkal daun di bagian dalam. Serangan hama jangel dapat membuat daun berlubang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mengatasi serangan hama bila melihat adanya selada budidaya Anda yang mulai berlubang.

Tangek

Tak hanya jangel, tangek juga merupakan musuh alami dari tanaman ini. Tangek memiliki nama ilmiah Parmalion pupilaris humb. Sekilas, tangek mirip dengan jangel. Hanya saja, tangek tidak memiliki rumah siput seperti jangel.

Serangan hama tangek dapat dideteksi dari adanya lubang pada daun tangek. Di musim kemarau, serangan tangek akan lebih berbahaya ketimbang di musim hujan. Tangek dapat mengakibatkan penurunan produktivitas dan kualitas selada yang Anda budidayakan.

Busuk lunak

Busuk lunak dikenal juga sebagai soft rot. Penyakit tanaman selada ini disebabkan oleh bakteri Erwinia carotovara. Bagian yang diserang oleh bakteri ini adalah daunnya. Serangan akan mulai tampak pertama-tama pada bagian tepi daun. Ciri utama busuk lunak diawali dengan warna daun menjadi cokelat. Kemudian, daun akan mengalami pelayuan.

Tak hanya menyerang selada yang masih tumbuh di lahan, penyakit busuk lunak juga dapat menyerang selada yang siap diangkut ke pasar. Oleh karena itu, pastikan kembali tanaman yang hendak Anda panen dalam keadaan prima dan optimal.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Jamur Tiram

Busuk pangkal daun

Terakhir, ada penyakit busuk pangkal daun yang mengincar tanaman selada milik Anda. Penyebab penyakit busuk pangkal daun adalah Felicularia filamentosa. Seperti namanya, bagian utama yang diserang oleh penyakit ini adalah bagian pangkal daun. Anda perlu waspada karena penyerangan biasanya terjadi menjelang masa panen.

Loading...
Loading...