4 Jenis Makanan Laut yang Bisa Disimpan di Kulkas

Pertanianku — Makanan laut memang lebih nikmat diolah dalam keadaan segar. Daerah perkotaan yang jauh dari bibir pantai membutuhkan metode penyimpanan khusus agar hasil laut tersebut bisa tetap dinikmati dalam keadaan segar. Salah satunya dengan cara pendinginan. Berikut ini 4 jenis makanan laut yang bisa disimpan di dalam kulkas.

Ikan laut

makanan laut yang bisa disimpan di dalam kulkas
Foto: freepik

Beragam jenis ikan laut sangat populer di Indonesia. Rasa ikan laut pun lebih gurih dan lebih nikmat daripada ikan air tawar. Harga ikan laut juga cukup terjangkau, terutama di daerah yang dekat dengan penghasil ikan laut.

Loading...

Beberapa jenis ikan laut yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah ikan tongkol, cakalang, tuna, kakap, dan ikan kembung. Anda bisa membeli ikan-ikan ini dalam keadaan segar, kemudian bersihkan bagian dalamnya, seperti usus dan jeroan lain, sebelum dimasukkan ke kulkas.

Bersihkan pula sisik ikan dan cuci bersih. Ikan laut bisa disimpan dalam keadaan utuh ataupun sudah dipotong-potong dan diletakkan di dalam wadah. Ikan yang disimpan di dalam kulkas biasa bisa bertahan selama 2—3 hari.

Cumi-cumi dan gurita

makanan laut yang bisa disimpan di dalam kulkas
Foto: freepik

Jenis makanan laut yang dapat disimpan di kulkas lainnya adalah krustasea seperti cumi-cumi dan gurita. Cara penyimpanannya dengan membersihkan dan membilas hingga bersih makanan laut ini. Selanjutnya, simpan di dalam kulkas. Cumi-cumi dan gurita bisa tahan hingga 2 hari. Jika Anda mengonsumsinya setelah masa ini, kualitasnya akan menurun.

Udang dan kerang

makanan laut yang bisa disimpan di dalam kulkas
Foto: freepik

Moluska seperti udang dan kerang juga bisa disimpan di dalam kulkas. Usahakan penyimpanan langsung dilakukan di hari yang sama dengan pembelian. Jika didinginkan, makanan laut ini bisa bertahan maksimal dua hari setelah pendinginan.

Hasil laut masih hidup

makanan laut yang bisa disimpan di dalam kulkas
Foto: freepik

Makanan laut yang Anda beli dalam keadaan segar juga bisa dipertahankan kesegarannya di dalam kulkas. Jenis ini antara lain gurita, cumi-cumi, kerang, siput, dan lain sebagainya. Cara menyimpan udang dan kerang hidup bisa dengan menghindari penggunaan kain lembap sebagai penutup udang dan kerang agar tidak cepat busuk.

Baca Juga:  Manfaatkan Sisa Kulit dan Kepala Udang Jadi Kaldu Udang

Penyimpanan gurita dan cumi hidup bisa dengan menaruhnya di wadah kecil yang diletakkan di bagian paling dingin. Berbeda dengan penyimpanan udang dan kerang, sebaiknya tutup gurita atau cumi-cumi dengan kain lembap.

Penyimpanan dengan cara pendinginan bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kulkas rumahan. Cara lain yang bisa juga Anda gunakan adalah dengan metode pembekuan. Cara ini memungkinkan makanan laut milik Anda dapat bertahan lebih lama. Namun, cara ini juga bisa mengubah cita rasa dan tekstur makanan.

Loading...
Loading...