4 Jenis Melon Populer di Indonesia

Pertanianku — Populer di Indonesia, buah melon ternyata memiliki banyak jenis. Setidaknya, ada 4 jenis melon yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Melon-melon tersebut memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing.

Melon hijau

jenis melon
Foto: freepik

Seperti namanya, buah yang satu ini berwarna hijau, baik bagian luarnya maupun bagian dalamnya. Nama lain dari melon hijau adalah melon lolak, sky rocket, dan musk melon. Jenis melon hijau banyak ditanam di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara.

Loading...

Kulitnya cenderung keras, kasar, dan memiliki urat yang tampak seperti jala. Bagian dalam buahnya juga berwarna hijau dan berbau harum. Melon hijau memiliki rasa manis dan kaya akan kandungan vitamin C. Tekstur buah melon hijau juga cenderung renyah.

Melon jingga

jenis melon
Foto: freepik

Disebut juga sebagai cantaloupe, sesuai nama desa yang pertama kali membudidayakan melon ini. Melon jingga pertama kali muncul di Desa Cantalupo, Italia, pada abad ke-18. Seiring berjalannya waktu, pemasaran melon ini pun merambah pasar Amerika Serikat hingga Asia termasuk Indonesia.

Ciri melon jingga adalah daging buahnya yang berwarna jingga atau oranye. Rasa buah cenderung manis hingga sangat manis dengan bau harum yang khas ketika melon sudah masak. Warna jingga ini merupakan kandungan betakaroten yang baik bagi tubuh. Sementara itu, kulit melon jingga memiliki penampakan yang hampir mirip dengan melon hijau, yakni keras, tebal, dan berurat menyerupai jala.

Melon emas

jenis melon
Foto: pixabay

Kulit melon mas sangat mulus dan berwarna kuning cerah keemasan yang mengilat. Itulah mengapa melon ini dijuluki sebagai melon emas atau golden melon. Jika dibelah, bagian dalam melon berwarna putih. Melon ini juga memiliki rasa yang manis. Sayangnya, melon emas tidak memiliki aroma harum menggoda seperti melon kebanyakan.

Baca Juga:  Perdana, Ekspor Mangga Harum Manis Jatim ke Singapura

Di dunia, ada dua jenis melon emas yang banyak dibudidayakan. Pertama adalah golden light melon yang berbentuk bulat. Sementara, lainnya adalah golden langkawi melon yang merupakan melon emas berbentuk lonjong.

Melon madu

jenis melon
Foto: pixabay

Melon madu dikenal juga dengan nama honeydew melon. Hal ini karena rasa buah melon madu merupakan yang paling manis dari semua jenis melon. Aroma melon madu cukup kuat.

Secara fisik, buah melon madu memiliki kulit berwarna hijau keputihan. Tekstur pada kulit melon ini tidak semenonjol melon lain dan cenderung halus mengilat. Jika dibuka, terlihat warna buah melon madu, yakni kehijauan seperti buah melon hijau.

Loading...
Loading...