4 Jenis Pakan Tambahan Lele

Pertanianku — Beragam jenis pakan bisa diberikan pada budidaya ikan lele. Ikan karnivora ini dikenal dapat mengonsumsi banyak jenis pakan, baik yang dibuat (pabrikan) maupun yang diperoleh secara alami. Anda dapat memberikan pakan tambahan lele berikut bila ingin menambahkan asupan nutrisi bagi tumbuh kembang ikan ini.

pakan tambahan lele
Foto: pixabay

Ikan rucah

Bila lokasi budidaya Anda berdekatan dengan tempat pelelangan ikan, ikan rucah dapat Anda berikan sebagai pakan tambahan lele milik Anda. Ikan rucah merupakan ikan sisa tangkapan. Bentuknya yang kecil menjadikannya kurang diminati untuk dikonsumsi manusia. Harga beli ikan rucah juga lebih rendah sehingga tidak membutuhkan banyak biaya. Ikan rucah dapat langsung diberikan tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Loading...

Belatung

Budidaya belatung atau magot mulai banyak dicoba. Bila Anda ingin memberikan pada lele, gunakan belatung dari jenis lalat Hermetia illucens. Belatung dari jenis lalat ini mengandung protein kasar sebanyak 40 persen.

Belatung bisa didapatkan dari budidaya sederhana dalam ember. Masukkan daun pisang, ampas tahu, sisa ikan asin, dan tambahkan kotoran ayam. Tiga minggu kemudian, belatung sudah siap dipanen. Bahan baku sebanyak 100 kilogram dapat menghasilkan belatung hingga 60 kilogram. Hindari menyimpan belatung terlalu lama agar tidak berubah menjadi lalat.

Limbah unggas

Lain halnya bila lokasi budidaya Anda dekat dengan lokasi peternakan unggas. Anda dapat memanfaatkan kotoran unggas sebagai pakan lele.

Bangkai ayam atau bangkai burung puyuh dapat diberikan setelah direbus dan dihilangkan bulunya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari potensi persebaran penyakit. Berikan bangkai pada hari yang sama dengan cara digantung dan dicelupkan. Angkat kerangka (sisa bangkai) agar tidak menjadi residu dalam kolam.

Bekicot

Bekicot adalah hama bagi beberapa tanaman budidaya. Dengan demikian, pemanfaatan bekicot bagi pakan lele dapat memberikan dua manfaat sekaligus, yakni menyingkirkan hama dan menambah nutrisi bagi lele.

Baca Juga:  Teknologi Bioflok Efektif Tekan Angka Kematian Lele Budidaya

Sebelum diberikan, bekicot harus direbus terlebih dahulu. Tujuan perebusan ini adalah untuk mengempukkan daging, pelepasan cangkang, dan membunuh kemungkinan penyakit yang ada dalam bekicot. Cincang daging bekicot setelah dingin dan berikan pada lele.

Loading...
Loading...