4 Jenis Propolis yang Tersebar di Pasaran

Pertanianku — Propolis yang dijual di pasaran memiliki 4 jenis, ada yang murni hasil ekstraksi propolis atau propolis yang sudah diformulasikan dengan bahan lain seperti madu atau bahan herbal lainnya. Seluruh jenis propolis tersebut sama-sama berkhasiat menyembuhkan beberapa macam penyakit tertentu.

jenis propolis
foto: pertanianku

Kini, propolis yang tersebar di pasaran merupakan hasil produksi dari skala rumah tangga hingga skala industri. Banyaknya produsen propolis karena khasiat dari propolis yang sudah terbukti efektif bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti untuk obat minum, obat kumur, obat tetes luka, atau obat semprot mulut. Berikut ini 4 jenis propolis yang dapat Anda jumpai di pasaran.

Propolis mentah (raw propolis atau chunk propolis)

Propolis mentah biasa dikenal dengan propolis bongkahan. Jenis propolis ini belum melalui proses pengolahan dan benar-benar langsung diambil dari sarang lebah. Meskipun masih mentah, propolis ini dapat langsung dikonsumsi. Namun, tidak dalam jumlah yang besar. Sebelum dikonsumsi, propolis mentah harus dihancur-hancurkan terlebih dahulu menjadi serbuk. Setelah itu, bisa langsung dikonsumsi untuk campuran dalam makanan atau minuman.

Propolis cair

Propolis cair merupakan jenis propolis yang sudah melalui proses ekstraksi dengan pelarut tertentu, seperti alkohol, minyak sayur, atau air. Konsentrasi propolis yang digunakan biasanya sebesar 10 persen, 20 persen, dan 30 peren. Biasanya bahan pelarut yang sering digunakan adalah etil alkohol (etanol).

Propolis cair biasanya digunakan dengan cara diteteskan ke dalam minuman atau madu dan dapat langsung dikonsumsi. Propolis cair juga sering digunakan sebagai obat luar, misalnya untuk luka bakar dan bisa juga dijadikan obat kumur.

Propolis bubuk

Propolis bubuk merupakan jenis propolis yang sudah diproses dengan menguapkan pelarutnya hingga 5 persen. Biasanya, propolis bubuk dikemas dalam bentuk kapsul sehingga cara mengonsumsi propolis ini dengan diminum langsung.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengefisiensikan Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung

Pasta propolis

Pasta propolis merupakan hasil ekstraksi yang menggunakan bahan pelarut seperti minyak sayur, minyak zaitun, atau glikol. Pasta propolis biasanya dijual dalam bentuk pasta gigi, krem pelembut wajah, atau losion kulit.


loading...