4 Jenis Sawi yang Umum Dipilih Konsumen

Pertanianku — Budidaya sawi mengenal beberapa jenis sawi yang berbeda. Begitu pula konsumen memiliki pengertian yang berbeda mengenai jenis sawi ini. Setidakya, ada 4 jenis sawi yang umumnya dibeli oleh konsumen untuk diolah menjadi hidangan.

jenis sawi
foto: pixabay

Sawi hijau

Nama latin dari sayuran yang dikenal sebagai sawi hijau ini adalah Brassica rapa group caisin. Selain dikenal dengan nama sawi hijau, konsumen juga lebih mengenal jenis sawi ini sebagi sawi bakso. Pasalnya, sawi ini banyak digunakan oleh penjual bakso sebagai sayuran dalam bakso mereka. Selain itu, nama lain dari sawi hijau adalah caisim atau caisin.

Loading...

Bagian sayuran yang berwarna hijau adalah daunnya. Tulang daun sawi hijau berwarna hijau keputihan. Tulang daun ini semakin mengecil di bagian atas dan berwarna hijau. Bagian daun dan batang ini langsung terhubung.

Sawi putih

Seperti namanya, sawi putih dijuluki sawi putih karena berwarna keputihan di bagian luarnya. Meskipun demikian, beberapa jenis sawi putih juga masih berwarna hijau pada bagian daun terluarnya. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Brassica rapa group pekinensis. Sawi putih juga dikenal dengan sebutan sawi cina atau petsai.

Ciri utama sayuran ini adalah daunnya yang berwarna putih hingga hijau, terutama di bagian luar. Tekstur daun bergelombang tidak rata, baik bagian tengah maupun tepiannya. Batang sawi ini berwarna putih dan lebih lebar, berserat, serta mengerucut pada bagian ujung tengah.

Pok choy

Hampir mirip dengan sawi hijau, nama latin dari pok choy adalah Brassica rapa group chinensis. Pak choy dan caisim memang memiliki kesamaan yakni daunnya yang berwarna hijau. Namun, ukuran pok choy lebih kecil dan melebar jika dibandingkan dengan caisim.

Baca Juga:  Ketahanan Pangan di Rumah dengan Menanam Sayuran dan Membudidayakan Ikan

Ukuran pokchoy yang pendek ini membuat bagian tulang daunnya juga lebih pendek. Batang ini berwarna hijau keputihan dan tampak lebih besar jika dibandingkan dengan caisim. Selain itu, teksturnya juga lebih kaku dibandingkan sayuran sawi hijau tersebut.

Kailan

Jenis sawi yang dikenal konsumen terakhir adalah kailan. Mirip dengan pok choy, keduanya ternyata memiliki perbedaan yang mencolok. Kailan sendiri memiliki nama latin Brassica oleracea group alboglabra.

Dibanding jenis sawi lainnya, warna kailan jauh lebih gelap dan pekat. Warna ini menyerupai warna brokoli jika diperhatikan dengan lebih saksama. Bagian batangnya mirip dengan kangkung dengan satu cabang dilengkapi satu daun bertingkat. Bedanya, batang kailan tidak berongga. Batang ini juga cenderung pendek serta daunnya lebar.

Loading...
Loading...