4 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Pekarangan

Pertanianku — Berkebun sayuran di pekarangan sudah banyak dilakukan. Sayuran-sayuran yang bisa dibudidayakan pun beragam. Setidaknya, terdapat 4 jenis sayuran yang bisa ditanam di pekarangan.

Anda bisa menanam sayuran untuk dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi. Selain itu, Anda juga bisa mendapat manfaat lain, yaitu sebagai tanaman hias dan juga bisa dikomersilkan jika menghasilkan dalam jumlah banyak.

Berikut ini 4 jenis sayuran yang bisa ditanam di pekarangan.

Loading...

Sayuran daun

Berkebun sayuran di pekarangan
Foto: unsplash

Sayuran daun merupakan tanaman sayur yang diambil bagian daunnya. Terkadang, bagian batang juga ikut disertakan untuk dipanen. Sayuran ini bisa dimakan langsung, dimasak, ataupun dijadikan lalapan.

Tanaman sayuran daun biasa dibudidayakan di pekarangan. Penananam sayuran ini di sekitar rumah selain untuk dimanfaatkan untuk konsumsi bisa juga sebagai tanaman hias. Beberapa jenis sayuran daun antara lain kangkung, bayam, kemangi, selada, petsai, seledri, dan sawi.

Sayuran buah

Berkebun sayuran di pekarangan
Foto: unsplash

Jenis sayuran yang satu ini diambil bagian buahnya untuk dikonsumsi sebagai sayuran. Sayuran buah bisa dikonsumsi langsung atau dimasak. Sayuran ini juga bisa dijadikan lalapan dan sambal.

Jenis sayuran buah yang umum ditanam di pekarangan antara lain terung, tomat, cabai, labu siam, mentimun, pare, dan buncis. Tanaman sayur buah juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Anda bisa menanam tomat ataupun cabai di dalam pot. Selain itu, menanam pare dan labu yang merupakan tanaman rambat di halaman juga bisa mempercantik taman Anda.

Sayuran umbi

Berkebun sayuran di pekarangan
Foto: unsplash

Kelompok sayuran umbi bisa dimakan bagian umbinya. Contoh tanaman sayuran umbi antara lain kentang, wortel, lobak, bit, bawang merah, dan bawang putih. Anda bisa membudidayakan tanaman ini di pekarangan, baik menggunakan pot maupun ditanam langsung di tanah.

Baca Juga:  Sayur dan Buah yang Banyak Mengandung Pestisida

Umbi yang dimanfaatkan umumnya tidak dimakan secara langung, tidak seperti tanaman sayuran buah dan sayuran daun. Umbi biasanya harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan media tanah yang tertinggal. Beberapa jenis umbi seperti bawang juga harus dikeringkan terlebih dahulu.

Sayuran bunga

Berkebun sayuran di pekarangan
foto: pixabay

Jenis sayuran bunga biasa dimanfaatkan bagian bunganya. Bagian bunga ini diolah menjadi makanan. Contoh sayuran bunga antara lain bunga turi dan bunga kol. Anda bisa bertanam sayuran bunga di pekarangan dengan cara menanamnya langsung di tanah.

 

Loading...
Loading...