4 Jenis Selada Konsumsi

Pertanianku — Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari luar negeri tetapi cocok dengan selera orang Indonesia. Biasanya selada dijadikan sebagai lalap untuk menemani ayam bakar atau bisa juga diolah menjadi sayuran tumisan. Anda bisa menemukan beberapa jenis selada konsumsi di pasaran, yaitu selada kepala, selada silindris, selada daun, dan selada batang.

jenis selada
foto: pertanianku

Selada baik untuk dikonsumsi karena kaya akan mineral dan vitamin yang berguna untuk kesehatan dan mencegah sembelit. Berikut ini ulasan lebih jelas mengenai beberapa jenis selada yang bisa Anda konsumsi.

Selada kepala

Loading...

Laxtuxa sativa var. capita L. biasanya disebut sebagai selada kol. Susunan daun selada ini kompak seperti kepala. Daunnya lebar, membulat, lembut, dan halus. Selada ini ditanam di dataran tinggi. Selada kepala ada yang berdaun keriting seperti pennlake, new york, dan imperial. Ada pula daunnya yang tidak keriting, yaitu salamander, big boston, dan white boston.

Selada silindris

Lactuva sativa var. longifolia L. dikenal juga sebagai selada kerucut, selada romain, dan selada cos. Sesuai dengan namanya, susunan daun selada ini silindris atau kerucut. Daunnya berbentuk segi empat memanjang dengan ujung daun yang melengkung. Teksur daun selada ini keras, kaku, dan agak kasar. Selada yang termasuk jenis selada silindris adalah white paris, eiffel tower, little gem, dan superb white.

Selada daun/keriting

Lactuca sativa var. crispy L. merupakan selada yang berbentuk roset dan longgar. Tekstur daunnya mirip dengan selada kepala dengan tepi rumbia. Daun selada ini biasa dipanen dengan cara dipetik satu persatu. Selada yang termasuk jenis selada daun adalah black seeden simpson, early curled simpson, dan grand rapids.

Baca Juga:  Mengenal Sayuran Compositae

Selada batang/asparagus

Disebut batang karena memiliki batang yang berdaging tebal yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Daun dari selada ini malah tidak bisa dikonsumsi karena bertekstur kasar dan tidak enak. Selada batang tidak berbentuk krop seperti selada pada umumnya. Contoh selada batang adalah celtuse, known you seed (Taiwan), dan takii seed (Jepang).

Loading...
Loading...