4 Jenis Tomat yang Bisa Anda Budidayakan

Pertanianku — Buah bulat berwarna merah ini sudah sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Mulai dari rasanya yang nikmat sampai mudah diperoleh, tomat menjadi salah satu sayuran buah paling menjanjikan untuk dibudidayakan. Kenali perbedaan 4 jenis tomat yang bisa Anda budidayakan di pekarangan rumah.

jenis tomat
Foto: pexels

Buah yang berasal dari tanaman Lycopersicon esculentum ini memiliki beberapa jenis. Subspesies yang cukup terkenal dan sering ditanam antara lain tomat apel, tomat porselin atau tomat sayur, tomat kentang, dan tomat keriting.

Tomat apel

Loading...

Tomat apel adalah subspesies dari tomat dengan nama ilmiah Solanum lycopersicum L. pyriforme. Tomat ini memiliki ciri fisik berupa bentuk buahnya yang bulat dan kuat (kompak). Tekstur buah sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan tomat umumnya yang lunak.

Buah tomat apel disebut demikian karena memiliki tekstur seperti buah apel atau buah pir. Tomat apel tumbuh subur di dataran tinggi.

Tomat kentang

Subspesies yang kedua adalah tomat kentang. Nama ilmiah dari tomat ini adalah Solanum lycopersium L. grandifolium. Dari luar, ia memiliki ciri-ciri bentuk buah yang bulat, besar dan padat (kompak).

Tomat kentang hampir mirip dengan tomat apel. Hanya saja, ukurannya lebih kecil daripada tomat apel. Ciri lain yang membedakan tanaman tomat kentang dan tomat apel adalah daun. Daun tomat kentang lebih lebar daripada daun tanaman tomat pada umumnya.

Tomat porselin atau tomat sayur

Solanum lycopersicum L. commune ini memiliki bentuk buah yang bulat pipih. Tomat sayur memiliki tekstur lunak. Selain itu, bentuk buah cenderung tidak teratur. Bagian dekat tangkai dari buah ini memiliki alur-alur.

Tomat jenis inilah yang paling banyak ditemui di pasar. Selain itu, tomat ini juga paling sering dikonsumsi karena mudah didapatkan. Kegunaannya biasa untuk sayur, sambal, lalapan, jus buah, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Kenali Prospek Budidaya Melon

Tomat keriting

Terakhir, ada jenis tomat keriting. Solanum lycopersicum L. validum ini memiliki ciri bentuk buah yang agak lonjong dan keras. Daun tanaman tomat keriting rimbun dan penampakannya seperti terkena penyakit. Warna daun tomat jenis ini adalah hijau kelam.

Loading...
Loading...