4 Jenis Vitamin yang Paling Dibutuhkan oleh Sapi

Pertanianku — Pertumbuhan sapi ternak membutuhkan asupan dengan nutrisi yang cukup, salah satunya vitamin. Walaupun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, vitamin sangat penting karena memengaruhi kualitas dan produktivitasnya. Setidaknya, ada 4 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh sapi.

vitamin yang dibutuhkan oleh sapi
Foto: freepik

Jenis vitamin secara umum ada dua, yakni larut dalam air dan larut dalam lemak. Vitamin B dan C yang larut dalam air dapat disintesa oleh mikroorganisme dalam rumen sapi. Di awal masa pertumbuhan, vitamin B yang dibutuhkan oleh anakan sapi diperoleh dari susu induknya. Sementara itu, vitamin larut lemak didapatkan sapi dari pakan.

Vitamin A


Loading...

Jenis vitamin yang dibutuhkan oleh sapi pertama adalah vitamin A. Vitamin ini bermanfaat untuk memelihara kulit, mulut, mata, perut, dan saluran genital. Vitamin A juga dapat mengurangi cekaman suhu. Biasaya, pemberian vitamin A pada sapi dilakukan dalam bentuk karoten atau provitamin A dengan cara disuntikkan atau oral.

Pemenuhan kebutuhan vitamin A bagi sapi adalah 1.000 IU tiap satu pound atau 0,453 kilogram ransum finisher. Kebutuhan ini akan ditingkatkan hingga 1.275 IU bagi sapi bunting dan 1.775 IU bagi sapi laktasi dan pemacek. Kelebihan vitamin A akan disimpan dalam hati dan lemak sapi. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemberian vitamin A berlebihan bagi sapi juga dapat menimbulkan keracunan.

Vitamin D

Vitamin D sangat diperlukan oleh sapi karena berperan penting dalam metabolisme kalsium dan fosfor. Vitamin ini dapat dipenuhi oleh sapi karena adanya sintesa vitamin D dalam tubuhnya. Namun, sapi potong yang diternakkan dengan cara dikandangkan sering kali mengalami kekurangan vitamin D karena tidak mendapat sinar UV dari matahari.

Pakan yang diberikan bagi sapi harus mengandung setidaknya 125 IU vitamin D tiap pound-nya. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan sapi mengalami penyakit tulang.

Baca Juga:  Optimalisasi Varietas Tanaman Pakan Ternak oleh Pemerintah

Vitamin E

Sebagai anti-oksidan, vitamin E dibutuhkan oleh sapi hingga 15—60 IU per kilogram bahan kering ransum. Secara alami, keberadaan vitamin E sudah cukup terpenuhi dari pakan alami. Kekurangan vitamin ini pada anakan sapi menimbulkan white muscle disease hingga defisiensi vitamin A.

Vitamin K

Terakhir, vitamin K diperlukan dalam penggumpalan darah. Kekurangan vitamin ini menyebabkan pendarahan sukar berhenti.

Loading...
Loading...