4 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Pemula Saat Merawat DOC Ayam

Pertanianku — Setiap bisnis yang digeluti tentunya menginginkan profit atau untung, termasuk dalam bisnis ternak ayam. Oleh karena itu, mulailah untuk memerhatikan bagaimana memilih DOC (day old chick/anak ayam umur sehari) berkualitas dan juga merawat DOC ayam yang benar. Pasalnya, kebanyakan pemula seringkali melakukan kesalahan fatal dalam perawatan DOC, seperti berikut ini.

merawat DOC ayam
Foto: Pixabay

Kandang yang tidak ideal

Kandang untuk perawatan DOC berbeda dengan kandang yang lainnya. Kandang harus aman, nyaman, hangat, dan juga terang. Ada pemula yang meletakkan DOC di dalam kandang yang terbuka sehingga semua sisi kandang mudah dimasuki oleh angin. Hal tersebut akan menyebabkan DOC ayam menjadi tidak sehat seperti kembung, kedinginan, dan lain-lain.

Loading...

Berikanlah kandang yang tertutup dengan ventilasi secukupnya. Selain itu, kesalahan lainnya adalah pemula yang hanya memberikan cahaya lampu tanpa dilengkapi dengan brooder. Padahal, cahaya lampu ini hanya berfungsi sebagai penerangan, sedangkan brooder ini berfungsi sebagai penghangat. Brooder ini penting karena DOC ayam belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya sendiri.

Tidak diberikan cairan gula

Kesalahan selanjutnya adalah DOC tidak diberikan cairan gula. Cairan gula berfungsi sebagai penambah energi. DOC ayam yang tidak diberikan cairan gula akan menjadi lemas dan lesu. Jika Anda mendapatkan DOC dari peternakan lain dan harus menempuh perjalanan panjang, Anda harus memberikan cairan gula ini. Setelah itu, hindari langsung meletakkan DOC di dalam kandang karena akan menyebabkannya menjadi stres.

Pakan yang tidak sesuai

Kesalahan dalam perawatan terakhir adalah pakan yang tidak sesuai. Untuk pakannya, tekstur harus lembut dan tidak boleh mengandung air. Terlalu banyak air akan menyebabkan DOC ayam menjadi flu. Hindari memberikan pakan dengan tekstur yang kasar karena organ pencernaan DOC belum sempurna.

Baca Juga:  Cara Ampuh Memikat Burung Walet Supaya Mau Bersarang

Antivaksin

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan adalah antivaksin. Vaksin ini berguna untuk membuat kekebalan tubuh DOC menjadi bagus. DOC yang tidak diberikan vaksin akan menyebabkannya mudah terkena penyakit ringan sampai dengan berbahaya yang berujung pada kematian.

Loading...
Loading...