4 Rekomendasi Tepat untuk Pakan Ikan Nila


Pertanianku — Pemilihan pakan ikan nila ternyata harus hati-hati dan sebaiknya menggunakan pakan ikan nila organik yang alami untuk hasil terbaik. Sebab, apa yang dimakan oleh nila nantinya dapat berpengaruh terhadap kualitas daging yang dihasilkan. Berikut ini ada 4 jenis pakan nila yang sangat direkomendasikan.

pakan ikan nila
Foto: Shutterstock

1. Azolla microphylla

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui pakan nila yang satu ini. Azollamicrophylla adalah sejenis tanamam paku yang mengambang. Banyak keistimewaan yang ada pada tumbuhan paku yang satu ini. Selain pertumbuhannya yang sangat cepat dan mudah didapat, azolla microphylla juga sangat baik untuk digunakan sebagai pakan nila.

2. Ampas kelapa

Ampas kelapa memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Nutrisi yang ada pada kandungan kelapa sangat baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan nila. Ampas kelapa tersebut dapat Anda tebarkan langsung ke kolam atau bisa juga difermentasikan terlebih dahulu untuk memperkuat nutrisinya.

3. Dedaunan

Sama seperti azolla microphylla, dedaunan juga sangat direkomendasikan sebagai pakan nila. Tak hanya itu, nila juga sangat menyukai dedaunan sebagai makanan mereka. Namun Anda tidak boleh langsung memberikan dedaunannya begitu saja. Untuk membuat pakan ikan nila dari daun, Anda harus mencincangnya terlebih dahulu agar tekstur dedaunan tersebut menjadi lembut.

4. Sisa makanan & roti kadaluarsa

Sisa makanan dan juga roti kadaluarsa ternyata sangat bermanfaat untuk pakan nila. Untuk roti kadaluarsa sendiri Anda dapat mencarinya di salah satu supermarket terdekat. Biasanya, pihak supermarket akan menjualnya dengan harga yang sangat murah. Sementara, sisa makanan dapat Anda dapatkan dari tetangga ataupun makanan Anda yang tidak habis.

Baca Juga:  Industri Udang Nasional Siaga dari Penyakit Mematikan
loading...