4 Tanaman Aquascape yang Populer

Pertanianku — Ada banyak jenis tanaman aquascape yang dapat Anda pilih untuk membuat akuarium tampak lebih indah. Dari banyaknya jenis tanaman tersebut, setidaknya ada 4 tanaman aquascape yang cukup banyak dipilih.

tanaman aquascape
Foto: instagram silkitte

Dwarf baby tears

Tanaman ini memiliki nama Latin Hemianthus callitrichoides. Dwarf baby tears mulai populer sejak diperkenalkan pada 2000-an di Indonesia dari daerah asalnya di Kuba. Tak butuh waktu lama bagi tanaman ini untuk melejit karena dwarf baby tears memang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Loading...

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang kecil dan padat. Selain itu, dwarf baby tears ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sedang dan ketinggiannya rendah. Tanaman ini butuh cahaya yang banyak, tetapi dapat tumbuh juga pada cahaya sedang.

Hygrophila polyserma

Keunggulan Hygrophila polyserma adalah tanaman yang tidak mementingkan cahaya. Selama masih ada cahaya, dengan intensitas yang tinggi ataupun rendah, tanaman ini akan tetap tumbuh dengan baik. Jadi, bila Anda pemula dalam bidang aquascape, Anda dapat memulainya dengan menanam Hygrophilla polyserma ini.

Windelov

Tanaman windelov diambil dari nama seorang penemu tropica aquascape, yakni Holge Windelov. Nama Latin dari tanaman aquascape ini sendiri adalah Microsorum pteropus dan sudah banyak dibudidayakan oleh penikmat aquascape.

Ciri utama tanaman windelov adalah ujungnya yang bercabang dan berbentuk unik. Bentuk unik inlah yang menjadikannya salah satu tanaman aquascape paling diminati di dunia. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 20 cm. Begitu pula lebar tanaman yang satu ini. Tidak hanya itu, keunggulan windelov juga terdapat dari segi perawatannya yang mudah.

Java moss

Terakhir, ada jenis tanaman aquascape yang berasal dari Asia Tenggara. Nama ilmiah java moss adalah Taxiphyllum barbieri. Jenis tanaman ini juga termasuk mudah dari segi perawatannya. Tak heran, banyak pelaku aquascape yang menggunakan tanaman ini untuk mempercantik akuarium mereka.

Java moss tidak bisa tumbuh secara emersed, yaitu teknik menanam tanaman aquascape dengan cara kering (tidak didalam air). Dibanding jenis tanaman lain, tingkat pertumbuhannya tergolong lambat. Namun, java moss tidak memerlukan banyak karbon dioksida ataupun cahaya dengan intensitas yang tinggi.

Loading...
Loading...