5 Akuarium Raksasa Terindah di Dunia


Pertanianku — Siapa yang tidak senang menyaksikan sekelompok ikan berenang menari-nari kian kemari dalam sebuah akuarium raksasa yang luas. Berikut ini ada akuarium terindah di dunia yang bakal bikin Anda berdecak kagum dan membuat Anda tidak mau pulang jika sudah berada di sana.

akuarium terindah di dunia
Foto: Google Image

1. Georgia Aquarium

Atlanta, Georgia, Amerika Serikat memiliki akuarium besar yang mampu menampung 31.450 ribu liter air dan dihuni oleh lebih dari 100.000 hewan laut. Saking besarnya, Georgia Aquarium juga jadi rumah bagi ikan hiu paus. Akuarium di Georgia ini merupakan akuarium terbesar yang ada di dunia dan biaya pembangunannya sendiri menghabiskan hampir 2,8 triliun rupiah. Angka yang luar biasa untuk pembuatan sebuah akuarium.

Bernard Marcus, seorang pengusaha yang mewujudkan akuarium ini dengan dana sebesar US$ 250 juta dari kocek pribadinya. Ia kemudian mendapat bantuan dari perusahaan di Atlanta yang turut mensponsori pembangunan lokasi wisata kebanggaan warga Atlanta tersebut.

Di dalam akuarium terbesar di dunia ini terdapat terowongan sepanjang 100 kaki yang letaknya tepat di bawah akuarium. Terowongan ini memungkinkan pengunjung mengamati langsung berbagai jenis hewan laut dari dekat.

Air yang dipakai adalah air tawar biasa sebanyak 8,5 juta galon yang diberi campuran garam dan diatur dengan teknologi modern agar menyerupai habitat asli para hewan laut tersebut. Luar biasa bukan?!

2. Akuarium Churaumi Okinawa

Okinawa Churaumi Aquarium terletak di Taman Ocean Expo, daerah barat laut Okinawa. Selain akuarium terbesar di Jepang, akuarium Chiraumi juga merupakan akuarium terbesar kedua di dunia setelah Georgia Aquarium di Atlanta.

Akuarium ini memamerkan beragam biota laut, mulai dari terumbu karang hingga makhluk laut yang berukuran besar. Kekayaan spesies laut di Okinawa disebabkan oleh arus air hangat Kuroshio yang mengalir di sepanjang Okinawa. Akuarium Churaumi ini terdiri atas 77 tangki, yang terbesar berukuran 7.500 m3, atau 3 kali lipat dari ukuran kolam renang untuk Olimpiade.

Baca Juga:  Buat Taman Murah dan Minimalis dengan Jenis Tanaman Ini

3. Berlin Aquadom

Berlin Aquadom terletak di dalam Hotel Radisson SAS di Berlin, Jerman. Di sebelah akuarium tersebut terdapat lift transparan supaya pengunjung dapat melihat bagian bawah hingga bagian atas akuarium.

Aquadom memiliki tinggi 82 kaki atau kurang lebih 24 meter. Di akuarium unik ini, kita dapat menemukan 2.600 ikan dari 56 jenis yang berbeda dan disebut sebagai tangki ikan silinder terbesar di dunia. Tangki ini berisi 198.000 kilogram air laut.

4. Dubai Aquarium

Dubai memiliki atraksi bawah air yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Terletak di The Dubai Mall, Uni Emirate Arab, yang merupakan mal terbesar di dunia, Dubai Aquarium & Underwater Zoo memiliki panel akuarium terbesar. Luasnya 51 meter × 20 meter × 11 meter. Luas tersebut sama dengan 50 kali luas lapangan bola.

Pemandangan yang disajikan akuarium terbesar di dunia ini melengkung 270 derajat pada bagian terowongan. Dengan begitu, pengunjung bisa mendapat pemandangan lebih fantastis. Di dalam akuarium ini juga ada penerangan unik yang mengikuti cuaca di luar ruangan.

Melalui Dubai Aquarium, Anda bukan hanya bisa melihat ribuan ikan, melainkan juga aneka biota laut yang menarik. Setidaknya ada 33.000 biota laut yang bebas berenang di sana dengan 85 spesies berbeda, termasuk 400 kombinasi dari hiu dan ikan pari.

5. The Aquarium of Western Australia (AQWA)

AQWA merupakan akuarium milik Coral World International yang terletak di Hillary, Western Australia. Akuarium ini pertama kali dibangun pada 1988 di Perth dengan nama Underwater World. Pada 2001, namanya diubah menjadi The Aquarium of Western Australia (AQWA). Jumlah hewan laut yang ada di akuarium ini sekitar 400 spesies di antaranya hiu abu-abu, ikan pari, gurita, dan kura-kura loggerhead.

Baca Juga:  5 Varian Kopi Ini Sangat Pas untuk Temani Aktivitas Anda

Walaupun tidak terlalu luas, AQWA kaya akan sarana dan aktivitas edukasi dan didukung oleh teknologi yang canggih dan modern. Selain itu, kebersihan area AQWA sangat terjaga sehingga tidak tercium bau amis dari biota laut yang ada di sana.