5 Alasan Mengapa Budidaya Belut Menarik

PertaniankuBudidaya belut masih menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan sampingan karena dinilai mudah untuk dipelihara hanya dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan memiliki permintaan yang cukup menjanjikan. Berikut ini beberapa alasan mengapa banyak yang tertarik untuk budidaya belut.

budidaya belut
foto: pertanianku

Mudah dibudidayakan

Belut memang mudah dibudidayakan oleh siapa pun, sekalipun Anda seorang pemula. Namun, kendala yang sering dihadapi dari budidaya ini adalah hasil yang tidak optimal hingga menyebabkan kegagalan.

Loading...

Agar budidaya dapat berjalan lancar, Anda harus memahami beberapa hal penting seperti teknik yang tepat saat masa kritis belut, lokasi yang sesuai dengan karakteristik, media yang sesuai dengan habitat, peralatan budidaya lengkap, serta teknik pemberian pakan yang tepat dan efisien.

Potensi lahan

Saat ini masih banyak belut hasil tangkapan alam yang beredar di pasaran. Jika hal ini terus dilakukan, populasi belut di alam bebas akan semakin berkurang dan akhirnya menyebabkan kepunahan. Padahal, budidaya belut terbilang mudah dan bisa memanfaatkan lahan di sekitar. Oleh karena itu, membudidayakan belut sama saja menjaga populasi belut di alam bebas agar tetap seimbang.

Potensi pasar

Potensi belut di pasar masih terbuka lebar, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan, kebutuhan belut pada pasar dalam negeri masih belum terpenuhi. Jika usaha budidaya ini dikembangkan lebih lanjut secara optimal, Indonesia bisa menjadi negara eksportir belut, tak hanya dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Variasi masakan

Variasi masakan yang bisa diolah dari belut menyebabkan daya serap belut di pasaran semakin luas pada bidang kuliner. Oleh karena itu, usaha budidaya komoditas ini sangat menguntungkan untuk dijadikan penghasilan sampingan atau bahkan menjadi penghasilan utama.

Baca Juga:  Ikan Air Tawar Ini Bisa Mendatangkan Keuntungan Meski Dipelihara di Kolam Terpal

Masyarakat Indonesia memiliki beragam resep masakan yang menggunakan daging belut. Hasil olahan daging belut pun memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding belut mentah yang masih berlendir.

Segmentasi usaha bervariasi

Sama seperti beberapa jenis ikan konsumsi lainnya, belut memiliki banyak segmentasi usaha yang bisa mendatangkan perputaran keuntungan yang cepat. Segmentasi usaha belut bisa terbagi berdasarkan ukuran yang diminta oleh pembeli.

 

 

Loading...
Loading...