5 Alasan Mengenai Pentingnya Konsumsi Telur


Pertanianku — Telur adalah makanan yang sempurna dan praktis untuk dikonsumsi saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Pentingnya konsumsi telur semakin disadari oleh banyak orang.

pentingnya konsumsi telur
Pexels4

Dulu, telur pernah dicap sebagai makanan yang tidak sehat. Namun, seiring dengan banyaknya penelitian terbaru yang membuktikan manfaat telur bagi kesehatan, penilaian buruk tentang telur pun berangsur hilang.

Sebenarnya, ada banyak manfaat kesehatan yang Anda peroleh dari konsumsi sebutir telur. Berikut ini sedikitnya ada lima alasan mengapa Anda perlu memilih telur sebagai salah satu sumber makanan seperti dikutip dari everdayhealth.

  1. Telur kaya nutrisi

Lupakan sereal olahan, minuman sarapan, dan yoghurt manis. Sebab, nutrisi tinggi yang dibutuhkan pada saat sarapan ada pada telur. Selain mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral termasuk lemak esensial dan anti-oksidan, telur juga praktis dikonsumsi hanya dalam beberapa menit dengan sayuran segar.

  1. Sarapan berprotein tinggi

Dua butir telur yang disajikan dengan dua iris roti panggang gandum mengandung setidaknya 20 gram protein. Ini berarti, konsumsi telur di pagi hari setidaknya dapat memenuhi 25% kebutuhan protein harian Anda.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Dalam penelitian yang diterbitkan International Journal of Obesity, disebutkan bahwa pelaku diet yang menikmati telur melaporkan hasil penurunan berat badan yang lebih baik selama 8 minggu sebagai bagian dari diet kalori terkontrol.

  1. Kenyang lebih lama

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui kalau protein membantu untuk membuat Anda kenyang lebih lama. Fakta ini ternyata pernah dipublikasikan dalam European Journal of Clinical Nutrition yang menemukan bahwa individu yang mengonsumsi telur sebagai menu sarapannya, makan jauh lebih sedikit sepanjang hari.

  1. Menurunkan risiko diabetes

Secara khusus, asam amino leusin yang ditemukan pada telur dapat membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Tingkat insulin yang terkontrol dengan baik dapat membantu pengendalian berat badan dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga:  Segudang Khasiat Susu Kambing yang Menakjubkan
loading...
loading...