5 Benda Paling Penting di Musim Hujan untuk Menjaga Kesehatan dan Keselamatan


Sebentar lagi kita akan menghadapi musim hujan. Saat itu, kita rawan terkena berbagai macam penyakit. Sebab, di musim hujan banyak kuman dan bakteri berkembang seiring dengan naiknya tingkat kelembapan yang terjadi di lingkungan.

Benda Paling Penting di Musim Hujan untuk Menjaga Kesehatan dan Keselamatan
foto: pixabay

Cuaca yang dingin juga turut memengaruhi imun tubuh kita. Tubuh akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri mulai dari flu, batuk, hingga muntaber. Namun, tentunya ancaman penyakit tidak hanya itu. Masih ada banyak bahaya lainnya yang mengancam kesehatan ataupun keselamatan kita selama musim hujan.

Saya sendiri mencoba mengingat-ingat, apa saja sih benda-benda yang dibutuhkan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan kita. Menurut saya, benda-benda seperti filter air, payung, hingga jas hujan merupakan contoh benda-benda yang sangat kita butuhkan di musim hujan untuk menangkal penyakit. Lho, apa hubungannya filter air dengan bahaya penyakit di musim hujan? Mungkin begitu pertanyaan yang melintas di benak Anda. Yuk, kita lihat berikut ini adalah 5 benda paling penting di musim hujan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri, keluarga, maupun berbagai peralatan elektronik yang kita miliki di rumah.

Filter air

Filter air atau sering juga kita kenal dengan istilah penyaring air sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih dan sehat saat digunakan. Filter air banyak dimanfaatkan di rumah atau kantor untuk menyaring air tanah.

Air tanah yang disedot belum sepenuhnya bersih. Mungkin sekilas terlihat jernih, tapi bisa jadi air tanah itu membawa kotoran-kotoran berukuran kecil. Nah, jika kotoran-kotoran tersebut tidak tersaring dan mengenai tubuh kita, akan menyebabkan rasa gatal.

Filter air juga berguna untuk mengurangi rutinitas kita menguras penampungan air. Tentunya, air yang jernih dan bersih tidak akan mengotori tempat penampungan air yang kita miliki. Ini karena debu, pasir, dan berbagai jenis kotoran yang larut di dalam air akan difilter terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam tandon.

Payung

Menyediakan payung di musim hujan tentu saja akan sangat besar manfaatnya. Selain mencegah pakaian agar tidak basah, payung juga melindungi tubuh agar tidak terkena air hujan yang kadang-kadang mengandung asam dan berbagai polutan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebaiknya sediakan payung tidak hanya di rumah, tetapi juga di kendaraan termasuk motor. Untuk motor, pilihlah payung lipat berukuran kecil sehingga bisa ditaruh di dalam bagasi.

Ember

Alat penampung air yang satu ini saya rasa sudah bukan hal asing lagi bagi sebagian besar rumah tangga di Indonesia. Ember banyak dimanfaatkan untuk mencuci dan menampung air sehingga tidak mengherankan apabila hampir di setiap rumah ada ember.

Menampung air hujan dengan menggunakan ember bisa jadi alternatif untuk berhemat. Pasalnya, air tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti mencuci peralatan makan, menyiram halaman dan tanaman, serta bisa juga dimanfaatkan untuk hal-hal lainnya.

Ember juga bisa dimanfaatkan untuk menadah air apabila rumah bocor. Alih-alih menggunakan wadah-wadah seperti panci dan lain sebagainya, akan lebih baik jika menggunakan ember.

Jas hujan

Jas hujan tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang sering menggunakan kendaraan roda dua untuk bepergian pada musim hujan, tetapi juga dibutuhkan oleh mereka yang tinggal di rumah. Pasalnya, kadang-kadang kita terpaksa harus keluar rumah untuk membereskan genteng yang bocor, melancarkan selokan, dan aktivitas lainnya di saat hujan. Melindungi diri dari hujan dengan menggunakan payung saat melakukan berbagai aktivitas tersebut tentu saja akan sangat merepotkan. Jadi, jas hujan adalah alternatif terbaik untuk itu.

Penangkal petir

Untuk keselamatan keluarga dan barang elektronik yang ada di rumah, setidaknya kita wajib memasang penangkal petir di rumah. Selain dapat menyebabkan kerusakan perangkat elektronik, tentu saja petir sangat berbahaya bagi manusia.

Tempat berbelanja murah

Saya sengaja menyertakan poin tempat berbelanja murah ini karena berbagai benda di atas tentu saja harus kita beli jika ingin kita miliki bukan? Nah, membeli filter air, paying, jas hujan, dan berbagai alat-alat lainnya akan sangat murah dan mudah apabila kita lakukan di toko online. Saya sengaja merekomendasikan toko online karena bukan rahasia lagi online shop adalah tempat berbelanja paling murah dan mudah.

Toko online seperti Bukalapak adalah salah satu yang direkomendasikan. Pasalnya, online shop Bukalapak menyediakan produk yang lengkap, harga yang murah, sering menawarkan diskon dan promo, serta menyediakan fitur tawar-menawar yang bisa kita manfaatkan untuk mengurangi harga beli.