5 Bibit Tanaman Serbaguna Ini Bisa Bikin Anda Hemat

Pertanianku Tanaman serbaguna adalah tanaman yang seluruh bagiannya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja sebagai makanan serta obat-obatan. Bagian yang dimanfaatkan tersebut mulai dari akar, batang, buah, hingga daunnya.

Tanaman serbaguna
Foto: Shutterstock

Di Indonesia, ada cukup banyak tanaman serbaguna yang beberapa di antaranya bisa Anda tanam di halaman rumah sendiri. Nah, beberapa bibit tanaman serbaguna berikut ini bisa Anda tanam dan lumayan menghemat uang belanja.

1. Bibit tanaman pepaya

Loading...

Tanaman pepaya, bagian buahnya bisa dimakan dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, rasanya pun manis. Buah pepaya muda juga bisa disayur menjadi masakan yang nikmat. Sementara, daun tanaman pepaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan dan menjadi obat mulai dari penghilang jerawat, darah tinggi, demam berdarah, hingga penambah nafsu makan.

2. Bibit tanaman singkong

Daging singkong mudah ditemui dalam bentuk gorengan, keripik, tapai, getuk, kukusan, rebusan, dan aneka jajanan tradisional lainnya. Bahkan, di sejumlah daerah, masyarakatnya memanfaatkan daging singkong untuk pengganti nasi atau sumber karbohidrat.

Selain dagingnya, daun bibit tanaman singkong juga bisa Anda gunakan sebagai bahan masakan. Masakan dari daun singkong biasanya dapat Anda temukan di rumah makan padang. Bagian batang pun bisa dimanfaatkan kembali sebagai bibit tanaman.

3. Bibit tanaman lidah buaya

Tanaman yang satu ini tidak memiliki daun, hanya batang. Namun, bagian batangnya memiliki tekstur kenyal dan bisa dimakan. Daging tanaman lidah buaya yang sudah diolah dengan cara direbus ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

4. Bibit tanaman jahe

Bibit tanaman jahe juga bisa menghemat uang belanja jika Anda menanamnya di halaman rumah sendiri. Biasanya jahe ini digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Karena hanya butuh sedikit, rasanya sayang jika Anda harus pergi ke pasar dan membeli dalam jumlah banyak.

Baca Juga:  Hilangkan Panu dengan Belimbing Wuluh

Selain menjadi bumbu masak, jahe juga bisa diolah menjadi minuman penghangat tubuh sekaligus pengusir masuk angin. Cukup cuci bersih jahe, kemudian potong-potong atau tumbuk, lalu rebus hingga wangi. Anda bisa mencampurkan air jahe ini dengan gula, pandan, teh, atau madu.

5. Bibit tanaman seledri

Bibit tanaman terakhir yang bisa Anda tanam sendiri di rumah dan sering dipakai saat memasak adalah bibit tanaman seledri. Batang dan daun seledri ini akan membuat masakan Anda terasa nikmat dan lebih harum. Tanaman seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat. Ketika membutuhkannya, Anda tinggal memetik dari halaman sendiri.

Loading...
Loading...