5 Binatang Peliharaan Unik yang Mudah Dirawat

Pertanianku — Memiliki binatang peliharaan disebut-sebut mampu meningkatkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Selain itu, kehadiran binatang peliharaan di rumah juga bisa mengurangi stres akibat aktivitas yang padat di luar rumah.

binatang peliharaan
Foto: Shutterstock

Namun demikian, tidak semua orang suka dengan ide ini. Merawat hewan peliharaan membutuhkan waktu, tenaga dan perhatian lebih, bahkan uang yang lebih banyak. Tapi, Anda tak perlu khawatir, sebab ada banyak jenis binatang peliharaan yang murah dan mudah untuk dirawat seperti berikut ini.

1. Guinea pig

Loading...

Hewan peliharaan pengerat satu ini terkenal karena sifatnya yang penyayang dan lembut. Tak sulit untuk menemukan guinea pig, Anda bisa membelinya di beragam toko hewan peliharaan dan harganya pun tak terlalu mahal. Hewan pengerat yang gemesin ini cocok dipelihara untuk anak-anak dan orang dewasa.

Perawatannya pun cukup mudah. Anda hanya membutuhkan kandang kecil berventilasi udara baik yang di dalamnya sudah terdapat serpihan kayu aspen atau kertas, botol minum khusus hewan pengerat, dan tempat makan. Beri makan guinea pig setiap hari dengan sayuran hijau segar dan jangan terlalu sering memberinya pelet.

2. Ikan hias

Ikan hias sudah jadi hewan peliharaan favorit sepanjang masa. Melihatnya berenang ke sana ke mari memberikan kepuasan tersendiri. Biaya untuk membeli ikan hias dan pemeliharaannya cukup terjangkau. Sebelum memasukkan ikan hias ke akuarium, Anda harus mempunyai akuarium ikan yang memiliki filter air dan mengatur tanaman laut serta bebatuan alam sedemikian rupa agar sesuai dengan habitat asli ikan.

Beri air secukupnya dan masukkan ikan ke dalam akuarium. Taruh akuarium di ruangan yang terkena paparan sinar matahari yang cukup. Beri makan berupa makanan ikan yang berukuran kecil dan bisa dikunyah dengan mudah dua kali sehari.

Baca Juga:  Cara Mencegah dan Mengendalikan Penyakit pada Jangkrik

3. Leopard gecko

Lopard gecko merupakan reptil yang murah dan mudah untuk dirawat. Hewan peliharaan ini termasuk jinak dan tidak perlu perawatan terlalu banyak. Anda bisa membeli leopard gecko di toko hewan peliharaan.

Leopard gecko harus diletakkan dalam kandang yang menyerupai akuarium. Di bagian bawah kandang, berilah beberapa bebatuan, kertas atau tisu, dan wadah air untuk minum dan mandi. Letakkan juga beberapa tanaman hias dan barang-barang untuk tempat bernaung. Hewan peliharaan ini menyukai serangga untuk dimakan. Ada beberapa serangga yang bisa dipilih seperti jangkrik, kecoa dubia, ulat hong kong, dan ulat lilin. Beri leopard gecko empat sampai enam serangga untuk dimakan selama satu sampai dua hari sekali.

4. Hamster

Hamster adalah salah satu hewan peliharaan yang paling terkenal. Hal ini karena hamster adalah hewan kecil yang lucu dan menggemaskan. Anda bisa memeliharanya di rumah dengan harga yang cukup terjangkau. Hewan peliharaan yang ramah anak-anak ini harus dirawat dalam kandang berpagar yang di bawahnya diberi serpihan-serpihan kayu sebagai alas tidur dan tempat ia menggali-gali.

Hamster tidak suka dengan sinar matahari. Berilah hamster makanan sehari sekali dengan beragam biji-bijian atau makanan berbentuk padat yang kecil. Bersihkan makanan yang tidak ia makan agar kandang tidak kotor dan menimbulkan penyakit.

5. Kura-kura kecil

Hewan peliharaan ini juga hewan yang mudah perawatannya dan murah. Ukurannya yang kecil cocok dengan hunian yang kecil. Kura-kura kecil ini tidak membutuhkan lahan yang luas dan mudah dibersihkan. Makanannya berupa pelet yang harus disesuaikan dengan preferensi si kura-kura, apakah ia herbivora atau omnivora.

Masukkan kura-kura kecil ke akuarium atau wadah transparan kecil. Pastikan bahwa tempat tinggalnya berisi air yang tidak terlalu banyak dan ada bebatuan atau kayu yang cukup luas untuk ia tidur dan bermain. Bersihkan tempat tinggalnya dua minggu sekali. Taruh di tempat yang cukup terpapar sinar matahari.

Baca Juga:  Kelinci Mudah Stres? Begini Cara Merawat Kelinci yang Benar
Loading...
Loading...