5 Buah untuk Ibu Hamil Ini Sangat Direkomendasikan


Pertanianku — Ibu yang sedang hamil memang membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk perkembangan janin. Ada beberapa buah untuk ibu hamil yang paling dianjurkan. Buah tersebut umumnya memiliki kandungan gizi lengkap, seimbang, dan baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

buah untuk ibu hamil
Foto: Google Image

Adapun buah-buah yang dimaksud sebagai berikut.

  1. Apel

Apel memang terkenal akan kemanisannya. Akan tetapi, di balik rasa manisnya, apel memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, serta vitamin B9. Vitamin dari buah ini dibutuhkan oleh tubuh manusia, terlebih lagi tubuh wanita yang sedang hamil.

  1. Alpukat atau avokad

Buah yang satu ini sebenarnya kurang enak jika dikonsumsi langsung. Tapi, jika sudah diolah menjadi jus, alpukat atau avokad terasa nikmat dan sedap. Selain itu, alpukat mengandung beberapa nutrisi seperti asam folat dan vitamin kompleks yang berguna untuk melancarkan perkembangan otak dan tulang belakang janin.

  1. Kurma

Mungkin buah ini hanya bisa ditemukan saat Ramadhan. Kurma memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan beberapa nutrisi lainnya sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya itu, dengan kandungan seperti itu, kurma juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengatasi kram perut dan menguatkan kandungan.

  1. Manggis

Buah manggis adalah salah satu dari beberapa buah yang paling berguna di dunia. Hal tersebut terlihat dari adanya ekstraksi kulit manggis untuk obat beberapa penyakit. Akan tetapi, selain kulitnya diekstrak untuk obat, daging manggis sendiri memiliki kandungan vitamin C dan asam folat yang kuat.

Pada kehamilan, kandungan vitamin C dan asam folat pada buah manggis umumnya digunakan untuk menambah elastisitas kulit dan daya tahan tubuh.

  1. Buah naga
Baca Juga:  Jenis Tanaman yang Populer Sebagai Bahan Minuman

Selain enak, buah naga mengandung vitamin C yang tinggi dan sangat bagus untuk ibu hamil. Pasalnya, dengan kandungan vitamin C dari buah naga, kondisi kehamilan akan tetap terjaga dan bebas dari segala macam penyakit.