5 Buah yang Bisa Mengobati Diare

Pertanianku  — Diare akan menyebabkan Anda bolak-balik ke kamar mandi karena aktivitas buang air besar (BAB) lebih sering daripada biasanya. Bahkan, terkadang diare dapat menyebabkan Anda mual dan muntah-muntah. Hal tersebut akan menyebabkan Anda kehilangan banyak cairan dan harus segera diatasi agar tubuh tidak lemas. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi beberapa buah yang dapat mengobati diare.

mengobati diare
foto: pertanianku

Buah pisang muda

Buah pisang yang masih muda mengandung senyawa berkhasiat sebagai antidiare, antidisentri, dan bermanfaat untuk mengobati pengobatan tukak lambung.

Loading...

Mangga

Buah primadona yang hanya muncul di musim-musim tertentu ternyata dapat mengobati diare yang kerap muncul saat Anda sedang berada di dalam perjalanan. Penelitian membuktikan mangga mampu melindungi usus dari serangan giardia, organisme penyebab diare yang muncul saat Anda sedang di perjalanan.

Jambu biji

Sudah bukan rahasia lagi jika jambu biji menjadi obat diare yang paling ampuh. Anda dapat merebus bagian kayu atau daunnya untuk mengobati diare yang tengah Anda alami. Buahnya pun sangat lezat dan menyegarkan untuk dikonsumsi.

Kulit buah delima

Anda bisa merebus kulit buah delima untuk diminum. Air rebusan ini bermanfaat untuk mengobati diare dan disentri yang sedang Anda alami. Selain itu, air rebusan ini mampu menyembuhkan rasa sakit perut, batuk, dan memperlancar haid.

Daun avokad

Bagian avokad yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan diare adalah bagian daunnya. Daun avokad direbus dan air rebusan tersebut dapat digunakan untuk mengobati diare, untuk mencuci darah, mengatasi rematik, dan nyeri persendian. Jika daun dan kulit direbus bersamaan, dapat menjadi obat untuk menghilangkan batuk, tekanan darah tinggi, serta mengatasi gangguan dan memperlancar siklus haid.

Baca Juga:  Tanaman Buah yang Jarang Ditanam di Pot

Semangka

Buah yang kaya kandungan air serta vitamin A ini cocok untuk dikonsumsi saat Anda sedang mengalami diare. Semangka dapat mengobati perut kembung, sembelit, polip usus, sakit tengorokan, sariawan, hepatitis, dan masih banyak lagi. Jus semangka yang dicampur tomat dapat mengatasi masalah pencernaan dan mencegah flu.

Loading...
Loading...