5 Buah yang Kaya Anti-oksidan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Pertanianku — Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan berbagai macam nutrisi vitamin serta anti-oksidan hanya dari buah. Hampir semua jenis buah memiliki kandungan tersebut yang sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan Anda dan menaikkan imun tubuh. Secara alami, tubuh akan menghasilkan anti-oksidan. Namun, jika radikal bebas serta virus yang masuk ke tubuh terlalu banyak, tubuh tetap membutuhkan asupan anti-oksidan dari luar, seperti buah yang kaya anti-oksidan.

imun tubuh
foto: pixabay

Dari sekian banyak buah yang mengandung anti-oksidan, terdapat beberapa jenis buah kaya anti-oksidan yang mudah Anda temui untuk menaikkan imun tubuh.

Belimbing

Loading...

Belimbing dapat memenuhi kebutuhan vitamin C seseorang sebanyak 70 persen. Kandungan vitamin C yang tinggi pun berperan sebagai anti-oksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh, serta mencegah munculnya sariawan. Selain menjadi buah yang kaya anti-oksidan, belimbing juga menjadi sumber serat dan beta karoten yang baik bagi tubuh.

Blewah

Blewah mengandung polifenol yang terdiri atas flavonoid dan isoflavone. Kandungan polifenol dalam blewah berhubungan positif dengan anti-oksidan, antivirus, dan antimikroba serta menormalkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah. Blewah juga mengandung zat fitokimia yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit ganas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit kardiovaskuler.

Manggis

Buah manggis memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel atau menghambat proses degenerasi sel (menghambat penuaan). Hal tersebut sangat penting dimiliki oleh tubuh saat ini. Pasalnya, dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh sudah terpapar oleh banyak bahan kimiawi dan polutan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Manggis juga mengandung Xanthone yang mampu mengontrol penyakit degeneratif serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga:  Tanaman Buah Tidak Kunjung Berbuah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Markisa

Kandungan dalam buah markisa mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dalam tubuh. Selain berguna bagi kesehatan tubuh, markisa juga berguna unntuk menjaga kesegaran kulit dan merangsang pembentukan sel muda pada kulit wajah. Markisa mengandung vitamin C serta anti-oksidan yang sangat tinggi sehingga dapat memacu peningkatan kekebalan tubuh dan kekuatan antibodi dalam darah.

Nangka

Nangka juga merupakan salah satu buah yang kaya vitamin C sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Loading...
Loading...