5 Cara Meningkatkan Mutu Karkas Ayam

Pertanianku — Karkas bermutu tinggi tentu yang paling dicari. Akan tetapi, saat ini mutu dari karkas ayam menjadi keprihatinan karena daging karkas tersebut akan mudah rusak karena mengandung banyak air. Nah, berikut ini cara meningkatkan mutu karkas ayam yang penting untuk diketahui pebisnis karkas ayam.

cara meningkatkan mutu karkas ayam
Foto: Pixabay

Memaksimalkan perawatan di peternakan

Ayam yang berkualitas banyak diincar untuk dijadikan karkas ayam. Untuk bisa membuatnya berkualitas, bisa dilakukan dengan memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan ayam selama di peternakan. Salah satu caranya dengan memberikan pakan yang bernutrisi tinggi.

Loading...

Pertumbuhan daging pada ayam yang tercukupi nutrisinya akan sangat pesat berbeda dengan yang pakannya tidak bernutrisi di mana dagingnya menjadi tipis atau tidak tebal.

Inovasi teknologi setelah panen

Pebisnis juga harus bisa meningkatkan mutu pascapanen. Justru banyak mutu karkas yang menjadi turun setelah dipanen. Sangat disayangkan jika ayam yang berkualitas saat di peternakan menurun mutunya karena penanganan setelah panen yang salah.

Mengistirahatkan ayam

Langkah awal yang harus dilakukan, yaitu dengan mengistirahatkan ayam yang akan dipotong dan pisahkan dari ayam lainnya. Saat kondisi stres akan menyebabkan mutu dan kualitasnya menjadi turun. Hal itu karena daging ayam karkas mengandung asam laktat sehingga kadar keasaman daging menurun. Saat hal ini terjadi, bakteri dan mikroorganisme lainnya bisa tumbuh dan berkembang di dalam daging.

Pemotongan ayam yang benar

Kerusakan daging karkas ayam setelah dilakukan pemotongan bisa menyebabkan mutu karkas menjadi menurun. Kerusakan fisik yang sering terjadi adalah tulang menjadi patah, daging banyak yang tercecer, dan lain sebagainya.

Tidak hanya kerusakan fisik yang bisa menyebabkan mutu karkas ini menurun, tapi memar di beberapa bagian daging. Oleh karena itu, pemotongan ayam yang baik dan benar ini harus diperhatikan oleh pebisnis karkas ayam.

Baca Juga:  Jurus Jitu agar Panen Telur Itik Setiap Hari

Penuntasan darah yang benar

Penuntasan darah yang baik dan benar sangat penting Anda perhatikan. Penuntasan darah bisa dengan menempatkan leher di bawah dan kaki di atas sehingga darah ayam bisa keluar secara tuntas. Darah yang masih tersisa di dalam daging karkas akan menyebabkan mikroba dan bakteri berkembang dengan pesat sehingga daging karkas tersebut akan mudah busuk.

Distribusi yang nyaman dan aman

Jika ayam yang akan dijadikan karkas berasal dari peternakan lain dan harus menggunakan proses distribusi, pebisnis harus melakukannya dengan aman dan nyaman. Jangan membuat ayam stres selama di perjalanan karena menyebabkan dagingnya menjadi tidak berkualitas.

Loading...
Loading...