5 Cara Paling Ampuh Tingkatkan Nafsu Makan Bebek


Pertanianku — Sebagai peternak bebek, Anda tentu ingin bebek-bebek yang Anda ternakkan itu tumbuh dengan baik dan memiliki bobot yang tinggi. Nah, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencapai hal tersebut, yaitu dengan meningkatkan nafsu makan bebek.

Setidaknya terdapat lima faktor yang memengaruhi tingkat respons bebek terhadap pakan yang diberikan untuknya. Kelima faktor tersebut sebagai berikut.

1. Menambahkan penyedap rasa ke pakan

Ternyata bukan hanya manusia yang suka dengan penyedap rasa, bebek pun sangat menyukai pakan yang telah diberi tambahan vetsin/MSG ini. Penambahan penyedap rasa sebanyak 3 gram/kg pakan terbukti mampu meningkatkan nafsu makannya.

Bebek pun kian lahap menghabiskan pakan yang telah diberi tambahan vetsin sehingga tingkat pertumbuhannya pun naik drastis. Namun, dihimbau untuk tidak berlebihan dalam menambahkan penyedap rasa karena dapat memengaruhi kesehatan bebek tersebut.

2. Memberikan jamu daun pepaya

Daun pepaya sudah lama dikenal dapat dibuat menjadi obat penambah nafsu makan. Begitu pula untuk bebek, air daun pepaya bisa diberikan supaya nafsu makannya meningkat. Daun pepaya mengandung flavanoid yang dapat memperbaiki daya tahan tubuh serta mencegah timbulnya nyeri di dalam perut. Rutin memberikan air daun pepaya akan membuat bebek senantiasa segar dan bugar sehingga nafsu makannya pun terjaga.

3. Mencampurkan obat-obatan herbal

Ada cukup banyak tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan bebek. Anda bisa menggunakan kunyit, bawang putih, temulawak, brotowali, lempuyang, dan temu ireng. Pemberian obat-obatan herbal ini akan merangsang peningkatan kebutuhan glukosa yang banyak tersedia di pakan. Dalam pemberiannya, obat herbal ini bisa diberikan langsung begitu saja atau dicampurkan dengan pakan bebek.

4. Menuangkan probiotik ke pakan

Baca Juga:  Cara Menentukan Umur Sapih Ternak Sapi

Probiotik banyak mengandung bakteri baik yang dapat menjaga fungsi sistem pencernaan di dalam perut bebek. Anda juga bisa menggunakan synbiotic yang merupakan campuran karbohidrat dan probiotik. Kedua produk ini sudah dijual bebas di pasar hewan sehingga Anda dapat menemukannya dengan mudah. Berikanlah probiotik/synbiotic dengan takaran sesuai petunjuk di kemasannya.

5. Membuat kondisi pakannya basah

Bebek jelas tidak menyukai pakan yang kondisinya kering. Jika dipaksakan, ia hanya akan memakan sedikit pakan tersebut. Itu sebabnya, Anda harus selalu memberikan pakan yang basah.

Pastikan pakan tersebut mengandung air dengan kadar yang berkisar antara 18—20 persen. Pemberian pakan dalam jumlah yang secukupnya dan berulang lebih baik daripada memberikannya pakan dalam jumlah banyak sekaligus.