5 Cara Pemberian Pupuk Melalui Akar Tanaman yang Tepat

Pertanianku— Cara pemupukan harus dilakukan sesuai dengan jenis tanaman yang dibudidayakan. Hal ini dikarenakan kebutuhan hara setiap tanaman berbeda. Secara umum, cara pemupukan dapat dilakukan dengan pemberian pupuk melalui akar tanaman, dan daun.

pupuk melalui akar
foto: pertanianku

Pemberian pupuk melalui akar tanaman bertujuan memberikan kebutuhan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sehingga tanaman mampu tumbuh dengan subur dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Ada 5 cara pemberian pupuk melalui akar tanaman, simak ulasan berikut.

Larikan

Loading...

Cara larikan diberikan pada saat sebelum tanam. Pupuk akan disebar, lalu akan diolah bersama tanah. Pupuk yang disebar mampu mendistribusikan unsur hara yang terdapat di dalam tanah secara merata sehingga perkembangan akar akan lebbih baik dan seimbang.

Penggunaan pupuk urea yang diberikan secara larikan tidak disarankan karena urea mampu menguap dengan cepat. Pemupukan ini dilakukan dengan cara menempatkan pupuk di dalam larikan, lalu larikan ditutup kembali.

Ditugal

Cara pemberian pupuk ini dilakukan dengan membuat lubang dengan alat tugal di samping tanaman sedalam 10—15 cm. Selanjutnya, pupuk akan dimasukkan ke lubang, lalu lubang akan ditutup kembali dengan tanah untuk mencegah terjadinya penguapan. Cara pemupukan ini cocok untuk digunakan pada tanaman sayur dan buah. Lubang pemupukan dapat dibuat di samping kanan dan kiri sisi barisan tanaman.

Ditabur atau disebar

Pengaplikasikan pupuk ini diterapkan pada pupuk dengan jenis butiran atau serbuk. Pupuk yang disebarkan harus merata pada tanah serta sekitar tanaman. Cara pemupukan ini dilakukan untuk tanaman yang memiliki jarak tanam rapat atau pola tanam tidak teratur dan pola tanam yang sistem perakarannya dangkal seperti tanaman padi.

Dikocor

Cara pemupukan dikocor dilakukan untuk jenis pupuk cair atau jenis pupuk padat yang diberikan dalam bentuk cairan. Kelebihan dari cara pemupukan ini adalah pupuk langsung terserap merata oleh akar tanaman serta langsung didistribusikan dan diolah oleh daun. Cara ini sering digunakan petani karena dianggap lebih mudah dan reaksi yang dihasilkan lebih cepat.

Baca Juga:  Teknik Memetik Buah Kakao yang Benar

Drip irrigation atau fertigasi

Cara pemupukan fertigasi dilakukan dengan melarutkan pupuk dengan air dan disiramkan pada tanaman melalui irigasi air. Kelebihan cara ini adalah akurasi penyerapan pupuk yang lebih tinggi. Fertigasi dapat dilakkan dengan irigasi tetes dan sudah banyak digunakan oleh para pelaku hortikultur.

 

 

Loading...
Loading...