5 Fakta Jeruk Bali yang Wajib Anda Ketahui

Pertanianku Jeruk bali memiliki ukuran besar seperti bola dan berdiameter 15—25 cm. Jeruk ini berasal dari Asia Tenggara lalu menyebar ke beberapa negara lain, seperti Cina, Jepang, dan India. Jeruk bali juga sudah menyebar ke Benua Amerika dan kawasan Mediterania. Di luar negeri, buah ini dikenal dengan nama pamelo.

jeruk bali
foto: pertanianku

Daging buahnya berwarna putih atau merah muda, mengandung banyak air, rasanya khas serta menyegarkan, kulit buahnya tebal berwarna hijau kekuningan jika sudah masak, dan mengandung kelenjar minyak. Di Indonesia, jeruk bali sering dikonsumsi bersamaan dengan bumbu rujak. Rasanya yang segar dan khas berpadu dengan bumbu rujak pedas manis membuat perpaduan rasa yang menyegarkan jika dikonsumsi pada siang hari.

Tidak jarang jeruk bali berasa pahit sehingga banyak orang enggan mengonsumsinya. Tak heran jika pamor jeruk ini di Indonesia sendiri masih cukup terbatas. Namun, tahukah Anda bahwa jeruk bali mengandung senyawa yang baik serta berkhasiat untuk kesehatan.

Loading...

Berikut ini fakta mengenai jeruk bali yang wajib Anda ketahui.

Baik untuk kesehatan gusi serta memperbaiki gusi yang rusak

Jeruk ini mengandung vitamin C yang banyak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Universitas Friedrich Schiller, Jerman. Seseorang yang sering mengonsumsi buah ini akan memiliki gusi yang sehat. Penelitian tersebut dilakukan pada 58 responden yang memiliki gusi rusak. Setelah mereka memakan buah ini secara rutin setiap hari selama dua minggu, gusi mereka menjadi sembuh. Bahkan, juga berdampak baik pada gusi perokok.

Menurunkan kadar lemak

Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh pasien penderita kolesterol tinggi bahan yang baru saja mengalami operasi by pass. Dengan mengonsumsi buah ini selama 30 hari berturut-turut, kadar lemak yang berada di dalam tubuh menghilang. Buah ini mampu menurunkan kadar lemak, khususnya trigliserida.

Baca Juga:  Gedebog Pisang, Limbah di Indonesia Berharga Mahal di Amerika

Menurunkan berat badan

Jeruk bali dapat meningkatkan pembakaran lemak sehingga cocok untuk digunakan sebagai makanan diet menurunkan berat badan.

Manfaat daun

Daun jeruk ini berguna untuk mengatasi sakit kepala dan sakit perut yang ditimbulkan akibat gangguan pencernaan.

Antijamur

Buah ini dapat dijadikan sebagai diuretik ringan, membuang racun, bakteri, jamur, parasit, dan virus melalui hati dan saluran pencernaan.

Loading...
Loading...