5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Budidaya Cacing Sutera di Nampan

PertaniankuBudidaya cacing sutera di nampan merupakan metode yang sudah berkembang sejak 2013 silam di Temanggung. Nampan-nampan akan disusun di dalam sebuah rak agar air dapat tersuplai ke setiap nampan. Keunggulan yang paling utama dari metode ini adalah hemat tempat dan biaya.

budidaya cacing sutera
foto: pertanianku

Sudah banyak pembudidaya yang mulai tertarik budidaya cacing sutera dengan nampan karena hemat air serta hemat probiotik dan obat-obatan. Metode budidaya cacing sutera dengan nampan dibahas tuntas di buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern.

Sebelum memutuskan untuk budidaya cacing sutera dengan nampan, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal berikut.

Kualitas nampan yang digunakan

Gunakan nampan yang awet dan tidak mudah pecah sehingga bibit di dalam media tidak keluar. Selain itu, Anda tidak perlu mengulang proses budidaya dari awal. Proses budidaya dengan nampan berlangsung selama 50—57 hari untuk sekali panen.

Nampan yang Anda pilih sebagai bentuk investasi. Oleh karena itu, pilihlah nampan yang berkualitas meski harganya terbilang lebih mahal dibanding nampan berkualitas rendah dengan harga yang murah, tetapi dapat membuat Anda rugi karena mudah bocor.

Gunakan rak berkualitas

Selain nampan, Anda juga harus memerhatikan kualitas kayu dan bambu yang digunakan sebagai rak. Kekuatan rak sangat diandalkan pada metode budidaya ini. Untuk menghindari patah atau roboh, Anda bisa membangun rak dari pipa atau kerangka besi. Walaupun modal yang dikeluarkan lebih banyak, nantinya keuntungan yang didapatkan juga akan sepadan.

Jumlah nampan

Pada dasarnya semakin banyak susunan rak, akan semakin banyak hasil yang didapatkan. Namun, jangan menaruh nampan sebanyak mungkin dalam satu rak agar hasil yang didapatkan juga lebih banyak. Anda harus memperhitungkan kekuatan rak agar tidak mudah roboh. Rak yang roboh dapat membuat instalasi menjadi berantakan sehingga proses budidaya kemungkinan besar harus diulang dari awal.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Beternak Bebek Secara Tradisional

Ketebalan media lumpur

Ketebalan media lumpur di dalam nampan diusahakan sekitar 7—10 cm. Dengan demikian, tidak banyak media lumpur yang ikut terangkat ketika panen, hanya sekitar 3—4 cm di bagian permukaannya.

Untuk Anda yang tertarik budidaya cacing sutera dengan wadah nampan, langsung pelajari langkah-langkahnya di buku Beternak Cacing Sutera Cara Modern. Anda bisa mendapatkan buku tersebut sebagai referensi dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya.