5 Ikan Monster yang Bisa Anda Pancing di Sungai Indonesia


Pertanianku — Sebagian orang mengisi waktu luang mereka dengan memancing. Saat mendapatkan ikan yang besar, itu menjadi kepuasan tersendiri. Namun tahukah Anda, ada beberapa ikan monster yang bisa Anda pancing di sungai-sungai yang ada di Indonesia.

ikan monster
Foto: Google Image

Berikut ikan-ikan raksasa khas sungai Indonesia yang bisa Anda tangkap.

  1. Ikan tapah

Ikan tapah mungkin bisa dimasukkan dalam golongan catfish alias lele. Pasalnya, bentuknya sangat identik dengan ikan tersebut. Ikan tapah lumrah memiliki panjang tubuh lebih dari 1,5 meter dan berbobot puluhan kilogram. Ikan ini menyebar di sungai-sungai yang masih agak primitif di Indonesia, mulai dari Sumatera, Kalimantan hingga Papua.

Sudah banyak cerita masyarakat setempat yang berhasil menangkap karnivora ini. Ikan ini juga konon sangat agresif dan menyerang manusia atau apa pun yang mengganggunya. Memancing ikan ini sudah jelas butuh joran kelas berat serta tenaga maksimal, mungkin 10 orang bisa bergantian menariknya ketika hook up.

  1. Patin raksasa Sungai Kapuas

Patin dikenal sebagai ikan konsumsi dengan berat yang tak seberapa. Paling besar mungkin hanya berkisar 20 kg. Memancing ikan patin sendiri lumayan asyik, tapi sensasinya tidak terlalu greget menurut para angler. Namun, anggapan ini sirna ketika seorang pria asal Kalimatan Barat, berhasil menangkap seekor patin raksasa. Beratnya 48 kilogram.

  1. Bawal raksasa Sungai Padang

Ikan bawal atau yang dikenal sebagai piranha-nya Indonesia juga merupakan salah satu ikan konsumsi favorit. Ikan ini biasanya berukuran tidak besar, mungkin hanya sepanjang lengan orang dewasa. Namun, penemuan pria bernama Jumiran asal Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, ini akan membuat banyak orang terhenyak.

Ia berhasil menangkap seekor ikan bawal seberat 22 kilogram. Ikan yang fisiknya tegak ini hampir seukuran badan tanpa kaki orang dewasa. Jumiran sendiri tak mengira jika di Sungai Padang ada ikan monster ini.

  1. Ikan gabus
Baca Juga:  Penyelam Selandia Baru Temukan Cumi-cumi Raksasa Terdampar

Di Inggris, ikan ini dinamakan snakehead karena bentuknya yang lonjong serta kepalanya yang mirip dengan batok kepala ular. Ikan ini sangat ditakuti pemancing di sana dan konon sempat membuat para angler takut memancing. Walaupun bukan ikan yang ditakuti, akui saja jika ikan gabus memang memberikan sensasi aneh ketika menangkapnya. Belum lagi anggapan masyarakat yang kerap menjuluki ikan ini jadi-jadian.

Soal ukuran, ikan ini memang monster dengan kemampuan tumbuhnya mencapai 1 meter lebih. Banyak yang sudah pernah menangkap si predator ini. Salah satunya warga Jakarta bernama Tursin yang berhasil menangkap ikan gabus 1 meter di Situ Cinere.

  1. Ikan lele raksasa

Ikan lele raksasa bisa ditemukan di hampir semua sungai di Indonesia. Kabar baiknya, tak hanya bisa ditemukan di sungai, ikan lele raksasa juga dipelihara di tambak-tambak dan dijadikan maskot. Rekor lele terbesar yang pernah ditemukan adalah milik warga Bogor bernama Nunung. Lele monster yang ditemukannya memiliki panjang hampir 1,5 meter dengan berat 50 kilogram.