5 Ikan yang Paling Cocok untuk Aquascape


Pertanianku — Dalam aquascape, tanaman memang menjadi fokus utama, tetapi fungsi ikan sebagai pelengkap juga tak kalah penting. Ikan yang akan dimasukkan sebagai bagian dari aquascape tidak dapat dipilih sembarangan. Sebaiknya, Anda memilih beberapa ikan yang paling cocok untuk aquascape itu.

ikan yang paling cocok untuk aquascape
Foto: Google Image

Ada beberapa karakter ikan yang perlu dihindari untuk dipelihara pada akuarium aquascaping, yakni ikan yang suka merusak dan memakan tanaman. Contohnya ikan koki, komet, dan koi. Jangan pula memelihara ikan yang agresif seperti jenis tiger barb dan jenis siklid. Atau, ikan yang suka menggali pasir contohnya red parrot dan lou han.

Ikan yang direkomendasikan untuk aquascape adalah ikan yang dapat hidup berdampingan, baik soliter maupun berkelompok. Berikut ini beberapa ikan yang cocok menjadi penghuni akuarium tanpa menghancurkan hobi aquascape Anda.

  1. Diskus

Ikan diskus termasuk salah satu idola para hobiis ikan air tawar. Keindahan ikan ini terlihat dari keberagaman warna tubuh yang dimilikinya. Tubuh ikan seperti lempengan. Ikan ini sering dijuluki sebagai rajanya ikan hias air tawar.

  1. Congo tetra

Ikan congo tetra termasuk ikan yang aktif bergerak sehingga jenis ini cukup efektif penarik ikan lain supaya tidak terlalu bersembunyi.

  1. Neon tetra

Walau panjang badannya hanya 2—3 cm, ikan ini sangat indah. Sisiknya yang perak serta merah metalik bisa terlihat menyala.

  1. Rainbow fish

Warna ikan ini sangat indah, badannya dihiasi garis-garis warna pelangi. Rainbow fish memiliki panjang badan 10 cm sehingga cocok untuk menghiasi akuarium.

  1. Guppy

Ukuran guppy memang mungil. Panjang tubuh betina 6 cm, sedangkan jantan lebih kecil lagi. Ciri khas ikan ini adalah pada ikan jantan yang ekornya seperti kipas dengan warna bervariasi.

Baca Juga:  5 Moss Terbaik untuk Aquascape