5 Jenis Ayam Ras Petelur Terbaik untuk Diternakkan


Pertanianku — Ayam ras petelur atau disebut juga ayam negeri, yaitu ayam yang dihasilkan melalui perkawinan silang dari berbagai jenis genetik yang ada di dunia. Tujuannya, menghasilkan ayam petelur unggul yang bisa menghasilkan telur lebih banyak dalam waktu cepat. Ada beberapa jenis ayam ras petelur terbaik yang bisa Anda ternakkan untuk mendapatkan penghasilan.

jenis ayam ras petelur
Foto: Shutterstock

Ayam ras petelur terbagi dalam 2 jenis, yaitu ayam ras petelur medium dan ayam ras petelur ringan. Berikut penjelasannya untuk berbagai macam jenis ayam ras petelur.

  1. Ayam plymouth rock (barred rock)

Ayam plymouth rock sangat cocok untuk orang yang baru belajar bisnis ayam petelur. Sebab, ayam plymouth rock cendrerung lebih mudah untuk dipelihara. Selain itu, ayam plymouth rock juga memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Ayam plymouth rock memiliki bulu yang lebih didominasi warna abu-abu dengan garis-garis putih di seluruh tubuhnya. Seekor ayam plymouth rock mampu bertelur 200 butir telur per tahunnya. Tetapi, telur ayam plymouth rock lebih kecil daripada jenis ayam lainnya.

  1. Ayam petelur putih (white leghorn)

Kenapa disebut ayam petelur putih? Karena ayam ras petelur ini memang bulunya berwarna putih bersih dan telur yang dihasilkannya pun berwarna putih bersih, tetapi jengger ayam ras ini berwarna merah.

Ayam ini dikategorikan sebagai ayam ras petelur ringan karena bentuk tubuhnya yang sangat ramping dan tampak kurus. Ayam ras ini hanya ditujukan bertelur saja tidak untuk memproduksi daging. Ayam ras petelur ini bisa menghasilkan telur lebih dari 260 butir per tahunnya.

  1. Ayam ras petelur cokelat (hybrid)

Bulu ayam ras petelur cokelat (hybrid) berwarna cokelat dan telur yang dihasilkannya pun berwarna kecokelatan. Bobot ayam ras petelur ini cukup berat bisa mencapai 2 kg. Meskipun tidak seberat ayam pedaging (broiler), tapi dagingnya bisa juga kita jual dan rasa daging ayam ras petelur ini lebih enak jika kita bandingkan dengan daging ayam pedaging (broiler).

Baca Juga:  Tips Membuat Itik Tetap Hangat

Itu sebabnya ayam ras petelur ini juga termasuk dalam tipe dwiguna, yaitu penghasil telur dan daging. Ayam ras petelur ini sifatnya lebih tenang dan juga tidak mudah kaget/terkejut. Selain itu, ukuran telur yang dihasilkannya juga lebih besar daripada ayam petelur putih sehingga menjadikan harga telur ayam ras cokelat lebih mahal.

loading...
loading...