5 Jenis Durian Unggul yang Berpotensial Dikebunkan dan Menghasilkan Cuan

Pertanianku — Orang Indonesia pasti akrab dengan durian, buah musiman yang selalu dinanti-nantikan keberadaannya. Saat musim panen tiba, buah ini sangat mudah dijumpai di mana-mana, mulai di pasar modern hingga pinggir jalan. Saking disukainya, ada beberapa jenis durian unggul yang dijual dengan harga cukup fantastis, tetapi tidak pernah sepi pembeli.

jenis durian unggul
foto: Pixabay

Keunggulan buah durian tersebut terletak pada rasa, aroma, serta tekstur yang mampu membuat seseorang yang mengonsumsinya jatuh hati. Nah, buat Anda yang penasaran dengan jenis durian unggul apa saja yang wajib dicoba, simak ulasan berikut ini.

Durian duri hitam

Duri hitam juga sering disebut ochee. Durian ini memiliki keunggulan pada kualitas daging buah dengan cita rasa yang lezat. Daging buahnya berwarna kuning keemasan, aromanya harum, tekstur daging creamy dan lembut, serta rasanya manis legit dengan sedikit rasa pahit. Aroma durian hitam tidak terlalu pekat sehingga cocok buat orang yang kurang menyukai aroma durian. Durian ochee terbilang mudah berbuah jika dirawat dengan benar.

Durian pelangi

Durian pelangi atuturi memiliki keunggulan berupa rasanya yang manis legit dan sedikit pahit di ujung lidah. Durian ini memiliki aroma seperti caramel yang manis. Bagian buah yang bisa dimakan dari durian pelangi lebih besar dibandingkan buah durian lokal pada umumnya. Produktivitas durian pelangi sebanyak 400—800 buah/pohon setiap tahunnya dan dapat berbuah sebanyak dua kali dalam setahun.

Durian musang king

Siapa yang tak kenal dengan durian musang king, durian yang pernah menjuarai kontes durian se-Asia Tenggara. Daging buahnya berwarna jingga dengan ukuran biji buah yang kecil. Soal rasa, musang king sudah tidak perlu diragukan lagi. Rasanya manis, agak pahit, terasa berlemak, dan kering.

Baca Juga:  Kementan Dukung Lido World Garden sebagai Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara

Durian bawor

Daging buah durian bawor relatif tebal dan berwarna kuning, rasa manis, serta bobot buahnya terbilang cukup besar sekitar 6—7 kg per butir. Bahkan, jika dirawat dengan intensif, pohon bisa menghasilkan buah dengan bobot 12 kg. Bawor sangat berpotensial dirawat oleh pekebun karena tergolong durian bagus, kualitas dagingnya lebih bagus daripada durian monthong.

Durian matahari

Daging durian matahari berwarna kuning cerah seperti matahari, dan tebal. Rasanya manis, legit, serta tidak beralkohol. Durian matahari terbilang cukup mudah ditanam karena tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Jika Anda tertarik untuk berkebun durian, kelima bibit durian unggul tadi tersedia di Toko Trubus. Selama Januari ini ada potongan harga 20 persen untuk bibit durian unggul di Toko Trubus. Selain menyediakan bibit buah berkualitas, Toko Trubus juga menyediakan beragam keperluan bertanam, mulai dari media tanam, pupuk dan pestisida, hingga keperluan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus.