5 Jenis Ikan Air Tawar yang Dibudidayakan di Kolam Terpal

Pertanianku Kolam terpal sering digunakan oleh para pembudidaya karena lebih mudah proses perawatannya serta murah. Jenis kolam ini sangat tepat untuk digunakan di lahan terbatas dan bisa juga digunakan untuk skala usaha yang lebih besar. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan di kolam terpal, simak ulasan berikut ini.

kolam terpal
foto: pertanianku

Ikan gurami

Pertumbuhan ikan gurami lebih lambat dibandingkan ikan air tawar lainnya. Namun, ikan Ini cukup digemari oleh masyarakat karena rasa daging yang lezat. Meskipun pertumbuhannya lambat, usaha budidaya bisa dibagi beberapa segmen agar perputaran uang pembudidaya lebih cepat.

Loading...

Ikan lele

Lele merupakan primadona ikan air tawar yang laris di pasaran dan banyak dibudidayakan. Biasanya ikan lele dibesarkan di sungai, rawa, waduk, dan genangan air lainnya. Lele merupakan ikan yang mudah dibudidayakan dan mudah beradaptasi. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang membudidayakannya menjadi penghasilan sampingan ataupun penghasilan utama.

Belut

Binatang yang biasa hidup genangan berlumpur ini disukai oleh masyarakat dan kaya akan protein. Belut termasuk ikan yang toleransinya tinggi terhadap kondisi lingkungan tumbuh dan wilayah penyebaran geografisnya cukup luas. Peminat belut tidak hanya berdatangan dari dalam negeri, banyak orang luar negeri yang menyukai ikan yang tidak bersirip ini. Meskipun di habitatnya belut hidup di media berlumpur, media pemeliharaan di kolam terpal tidak perlu berlumpur juga.

Ikan patin

Ikan patin mengambil oksigen langsung dari udara seperti ikan lele. Ikan ini masih satu famili dengan lele yang digemari karena rasa dagingnya yang lezat dan gurih. Permintaannya pun terbilang cukup menjanjikan seperti ikan lele. Oleh karena itu, banyak pembudidaya yang membesarkan ikan patin.

Baca Juga:  Ikan Air Tawar Ini Bisa Mendatangkan Keuntungan Meski Dipelihara di Kolam Terpal

Ikan nila

Sekarang ini sudah banyak pembenih ikan nila sehingga cukup mudah untuk memperoleh benih nila. Budidaya ikan nila termasuk mudah untuk dilakukan dan bisa menggunakan kolam terpal yang sederhana.

Ikan bawal

Ikan yang berasal dari Amerika Latin ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ikan air tawar lainnya sehingga banyak yang mulai membudidayakannya. Bentuk tubuhnya memanjang dengan bagian punggung yang agak tinggi. Bentuk matanya bulat, agak besar dan terang dengan bagian bibir yang agak tebal pada bagian bawah.

Loading...
Loading...