5 Jenis Ikan Cupang Populer Berdasarkan Bentuknya

Pertanianku — Ada lebih dari 13 complex ikan cupang. Di Indonesia complex yang paling populer adalah splendens complex. Selain berdasarkan klasifikasi ilmiah tersebut, jenis ikan cupang juga dibedakan berdasarkan bentuk dan warnanya.

jenis ikan cupang
foto: pixabay

Ikan cupang yang disilangkan akan menunjukkan karakter tersendiri. Bentuk ekor dan sirip cupang dapat digolongkan menjadi lima jenis berikut.

Half moon

Loading...

Half moon memiliki bentuk sirip dan ekor yang seolah menyatu. Bentuk ini seolah tampak seperti separuh bulan atau half moon. Bentuk ini akan semakin terlihat bila dipandang dari sisi samping ikan cupang. Ikan jenis ini biasanya merupakan jenis ikan cupang hias. Warnanya pun beragam seperti merah, kuning, dan lainnya.

Crown tail

Ikan cupang jenis crown tail merupakan karya breeder di daerah Slipi, Jakarta. Keindahannya diburu oleh pencinta ikan cupang di berbagai dunia. Ciri khas ikan cupang crown tail adalah bentuk ekornya yang seperti mahkota apabila ikan tersebut di balik dan menghadap ke atas.

Pada crown tail ada varian yang hanya memiliki satu tulang sirip tiap tail-nya. Ada pula varian yang mempunyai dua tail.

Double tail

Ekor ikan cupang double tail memiliki ciri ekor yang terbelah dua. Ekor ini tampak seperti bercabang. Tidak seperti jenis ikan cupang lainnya, cupang double tail sulit untuk dikembangkan dan hingga kini masih termasuk jenis yang cukup sulit ditemukan di pasaran.

Plakat

Plakat ini merupakan ikan cupang jenis petarung. Istilah plakat diambil dari bahasa Thailand yang berarti ‘tarung’ atau ‘laga’. Tradisi bertarung ikan cupang memang berasal dari Thailand dan kini merambah ke berbagai negara.

Ikan cupang plakat memiliki ciri sirip dan ekornya yang pendek dan tidak menjumbai. Sirip tersebut terkesan kokoh dan kekar. Dari segi gerakan, ikan cupang plakat tidak terlalu anggun. Ikan ini bahkan terkesan gahar dan sangar dibanding ikan cupang lainnya.

Baca Juga:  Simak Perbedaan Sidat dan Belut yang Tampak Mirip

Giant

Masih dari Thailand, jenis ikan ini memiliki keunikan ukuran tubuhnya yang tergolong besar. Tubuh ikan cupang giant dapat mencapai ukuran 12 cm. Ukuran ini jauh lebih besar ketimbang jenis ikan cupang lainnya. Giant merupakan hasil persilangan dari ikan cupang plakat dengan jenis lainnya.

Loading...
Loading...