5 Jenis Ikan Pembersih untuk Aquascape


Pertanianku — Lumut atau alga merupakan salah satu masalah bagi para aquascaper karena dapat mengurangi keindahan akuarium. Namun jangan khawatir, selain membersihkan alga secara manual, terdapat beberapa jenis ikan pembersih yang dapat membantu dalam membersihkan lumut di dalam akuarium seperti berikut ini.

jenis ikan pembersih
Foto: Google Image

1. Ikan CAE (Chinese Algae Eater)

Ikan CAE atau Chinese Algae Eater kadang disebut juga Lemon Algae Eater karena warna ikan pemakan lumut ini kuning seperti lemon. CAE termasuk dalam ikan herbivora atau pemakan tumbuhan. Di alam liar, ikan ini biasa memakan lumut atau ganggang dan dapat hidup mencapai ukuran 28 cm.

Ikan ini hanya memakan lumut ketika masih kecil dan sangat efektif untuk membersihkan lumut. Kalau sudah besar, ikan ini akan berhenti memakan lumut. Oleh karena itu, segera pisahkan karena sering mengganggu ikan yang lainnya.

2. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Ikan SAE atau Siamese Algae Eater, termasuk ikan pemakan lumut yang populer dan sangat diminati untuk membersihkan lumut. Ikan SAE termasuk ikan yang bersahabat dan dapat dicampur dengan ikan jenis lainnya.

Sebagai ikan omnivora, selain memakan lumut dan ganggang, ikan ini juga memakan cacing pipih yang mengganggu ekosistem di dalam akuarium. Ikan SAE juga dapat diberi makan berupa pelet atau cacing beku ketika lumut telah habis dimakannya.

3. Ikan Oto (Otocinclus affinis)

Ikan oto atau Otocinclus affinis termasuk ikan pemakan lumut yang banyak diburu para aquascaper karena ukurannya kecil. Ikan yang habitat aslinya dari perairan Brazil Tenggara ini termasuk ikan kecil yang mempunyai tenaga besar untuk membersihkan lumut. Selain itu, ia sangat cocok bila dicampur dengan ikan kecil sejenis tetra, cardinal, dan udang kecil.

Baca Juga:  Tips Memelihara Kuda Laut dalam Akuarium

4. Ikan Corydoras

Ikan corydoras selain membersihkan lumut, juga dapat berguna untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak habis dimakan ikan lainnya. Selain berguna sebagai ikan pemakan lumut, corydoras juga mempunyai bentuk dan warna yang indah. Beberapa jenis corydoras yang dapat kita temukan di Indonesia antara lain corydoras panda, corydoras albino, corydoras sterbai, dan corydoras pygmy

5. Ikan Brushmouth

Ikan brushmouth ini termasuk dalam jenis ikan pleco, mempunyai nama Latin Hypostemus plecotomus. Ikan ini sangat efektif untuk menghilangkan lumut ‘Green Spot’. Selain termasuk ikan pemakan lumut yang bertemperamen rendah, ikan ini juga mudah ditemukan di Indonesia.

loading...