5 Jenis Kacang untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Pertanianku — Ada berbagai jenis kacang yang dapat dikonsumsi oleh kita. Kacang merupakan salah satu jenis makana yang kaya anti-oksidan, serat, protein, vitamin, mineral, dan lemak tak jenuh. Kacang disebut dapat menurunkan risiko penyakit atau menjaga daya tahan tubuh.

jenis kacang
Foto: Pixabay

“Kandungan yang ada di dalam kacang membuat Anda kenyang, membantu membangun tulang dan otot agar lebih kuat, serta menjauhkan Anda dari berbagai penyakit,” ujar Maggi Michalczyk, pakar nutrisi, seperti dikutip dari Women’s Health Magz.

New England Journal of Medicine memuat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi segenggam kacang dalam sehari mampu menambah angka harapan hidup.

Loading...

Terdapat lima jenis kacang yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Berikut kelima kacang dimaksud.

  1. Kacang brazil

Kacang brazil mengandung selenium yang merupakan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid. “Itu membantu tubuh melawan kanker,” tutur Kelly R. Jones, seorang pakan nutrisi.

Untuk mendapatkan manfaat dari kacang brazil, cukup mengonsumsi dua atau tiga buah kacang dalam sehari. Ini karena kacang brazil berukuran besar. Kacang brazil juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

2. Kacang mete

Kacang mete mengandung zat besi paling tinggi. “Banyak orang harus memasukkan kacang mete dalam menu harian mereka,” ujar Jones.

Kacang mete yang bertekstur creamy juga bisa menjadikannya sebagai pengganti produk susu.

3. Kacang tanah

Kacang tanah mengandung protein, vitamin, dan mineral (magnesium dan fosfor). Kacang tanah juga merupakan makanan tinggi kalori. “Tetaplah pada ukuran porsi dua sendok makan kacang tanah sehari,” ujar Michalczyk.

4. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung kalori dan lemak serta sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk diet dan mengurangi risiko gangguan jantung.

Baca Juga:  Daun Tarum Mampu Tingkatkan Produksi Susu Kambing 30 Persen

5. Hazelnut

Hazelnut mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Mengonsumsi hazelnut juga meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Loading...
Loading...