5 Jenis Kaktus Mini yang Cocok untuk Menghias Halaman Rumah

Pertanianku — Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer. Ini karena perawatan kaktus tidaklah sulit karena tahan terhadap panas sehingga kita tidak harus sering menyiramnya. Ada beberapa jenis kaktus mini yang bisa Anda tanam dan jadikan sebagai hiasan halaman rumah. Apa sajakah itu?

jenis kaktus mini
Foto: Pexels
  1. Ball cactus

Ball cactus yang bernama Latin Parodia magnifica merupakan spesies kaktus berbunga yang berasal dari Brazil bagian selatan. Tanaman kaktus ini bisa tumbuh dengan tinggi 7―15 cm. Bentuk kaskus ini terdiri atas banyak rusuk, berambut, dan menghasilkan bunga berwarna kuning pucat.

Sesuai dengan namanya ball cactuss, tanaman ini merupakan spesies kaktus yang mempunyai bentuk menyerupai bola dengan duri di sekelilingnya. Tanaman hias tumbuh secara berkelompok. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung sehingga Anda harus menaruhnya di tempat yang teduh.


Loading...
  1. Melocactus

Jenis kaktus yang tumbuh di daerah panas dengan penampilan yang nyentrik. Duri-duri yang panjang tidak membuat penanamnya tertusuk karena duri itu cukup lemas begitu kita sentuh. Kecuali, pada duri-duri kecil yang cukup keras. Tidak seluruh tubuh dari melocactus ini berduri, tetapi hanya pada bagian sudut-sudut yang ada di luar.

  1. Kaktus Haworthia attenuata atau tanaman zebra

Ini mungkin adalah kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena memiliki toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia adalah genus tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan. Jenis tanaman kaktus zebra ini umumnya menyerupai bentuk miniatur lidah buaya.

  1. Pincushion cactus

Jenis kaktus pincushion adalah tanaman kaktus yang mempunyai duri yang halus. Kaktus ini, umumnya tumbuh dalam kelompok dan sangat minim perawatan. Pincushion cactus sendiri adalah nama umum yang diberikan kepada berbagai jenis kaktus kecil, yang memiliki bentuk menarik dan beragam. Anda dapat menemukan lebih dari 175 spesies kaktus kecil di seluruh dunia.

  1. Kaktus Cereus tetragonus
Baca Juga:  4 Tanaman Aquascape yang Populer

Bentuk kaktus yang satu ini cukup unik dikarenakan mirip dengan kastil yang biasa kita lihat di negeri dongeng. Ada bagian dari kaktus yang tinggi dan sebagian lagi pendek. Cereus tetragonus dapat Anda gunakan sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias pot. Cereus tetragonus sendiri aslinya merupakan kaktus yang berasal dari Amerika, di mana tingginya bisa mencapai 6 kaki atau hampir 2 meter.

Loading...
Loading...