5 Jenis Kerang Paling Banyak Dicari

Pertanianku — Beragam olahan berbahan kerang jadi favorit konsumen. Makanan laut yang satu ini disukai karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal. Tertarik berbisnis kerang? Berikut ini 5 jenis kerang paling banyak dicari.

Kerang darah

jenis kerang paling banyak dicari
Foto: pixabay

Menjadi salah satu primadona, kerang darah bisa Anda temui sangat mudah. Mulai dari pasar tradisional, supermarket ternama, sampai tempat pelelangan ikan biasa menjual kerang darah. Kerang jenis ini cukup banyak ditangkap dan rasanya juga digemari.

Loading...

Ciri kerang darah adalah ukurannya yang kecil dibanding kerang lain. Cangkangnya berwarna abu-abu dengan daging berwarna oranye terang. Ada garis pada cangkangnya yang membuat kerang ini bisa dikenali dengan mudah.

Kerang darah bisa diolah dengan sangat mudah. Mulai dari direbus dan disajikan dengan saus, dibuat tumis, hingga diolah menjadi kerang asam manis.

Kerang hijau

jenis kerang paling banyak dicari
Foto: instagram kerangattack

Jenis kerang yang tak kalah populer adalah kerang hijau. Bentuknya pipih dengan cangkang berwarna hijau. Ciri lainnya adalah cangkang yang halus tanpa garis. Di Jakarta, kerang hijau dikenal juga sebagai kerang kijing. Kerang hijau banyak dijajakan oleh penjaja keliling.

Kerang tiram

jenis kerang paling banyak dicari
Foto: pixabay

Punya harga yang lebih mahal, kerang yang satu ini punya bentuk yang lebih indah ketimbang kerang kebanyakan. Ciri kerang tiram adalah cangkang yang pipih berkapur seperti batu karang. Bagian dalamnya berwarna putih dan kaya akan kandungan kalsium, vitamin A, dan vitamin B12.

Kerang tiram biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan saus tiram. Jika Anda ingin mengonsumsi kerang tiram pun juga bisa. Beragam olahan kerang tiram bisa disajikan, salah satu yang paling populer adalah cah kangkung kerang tiram.

Kerang macan

jenis kerang paling banyak dicari
Foto: instagram dapur_aku

Seperti namanya, kerang yang satu ini punya motif yang mirip dengan hewan buas tersebut. Bentuk cangkang kerang macan dikenali karena memiliki bentuk mengerucut. Anda bisa menemukan kerang ini banyak dijual di daerah utara dan selatan Pulau Jawa.

Baca Juga:  Spesies Ikan Lokal Indonesia Jumlahnya Kian Menyusut

Kerang bambu

jenis kerang paling banyak dicari
Foto: instagram warung_tungku

Bentuknya yang panjang membuat kerang bambu mudah dikenali. Nama kerang bambu sendiri disematkan karena bentuknya yang sangat mirip dengan bambu. Panjang kerang ini umumnya satu ruas jari orang dewasa.

Bagian dalam kerang akan terlihat daging yang berwarna putih. Rasanya lezat dan gurih dengan sedikit rasa manis mirip dengan udang segar. Di Indonesia, kerang bambu sangat banyak terdapat di perairan daerah Madura. Kerang bambu dikenal juga sebagai lorjuk.

Loading...
Loading...