5 Jenis Kerapu yang Bisa Dibudidayakan

Pertanianku — Kerapu merupakan salah satu biota laut yang bisa dibudidayakan oleh masyarakat dan menjadi mata pencaharian yang mendatangkan keuntungan. Ada beberapa jenis kerapu yang bisa dibudidayakan dan laku di pasaran. Berikut ini jenis kerapu yang bisa Anda pilih untuk dibudidayakan.

jenis kerapu
foto: pertanianku

Kerapu bebek

Pada saat masih berukuran benih, kerapu ini sering dijadikan sebagai ikan hias dengan nama panther fish. Namun, setelah membesar, ikan ini menjadi ikan konsumsi yang memiliki harga jual tinggi. Tak hanya di Indonesia, ikan kerapu bebek sudah dibudidayakan di beberapa negara lain, seperti Thailand, Filipina, Vietnam, Taiwan, dan Australia. Produksi ikan kerapu ini biasanya diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong.

Loading...

Kerapu macan

Kerapu macan merupakan jenis ikan berharga jual tinggi. Kerapu ini merupakan ikan asli Indonesia yang tersebar hampir di seluruh perairan Indonesia. Persebarannya pun tak hanya di Indonesia, kini ikan kerapu macan sudah tersebar hingga wilayah Indo-Pasifik. Di alam, kerapu macan dapat tumbuh dengan panjang total 95 cm dan berbobot 11 kg. Kerapu macan dapat dipanen setelah berukuran 500—600 gram/ekor.

Kerapu lumpur

Kerapu lumpur sudah dibudidayakan di daerah Kepulauan Riau dan Sumatera Utara, seperti Kabupaten/Kota Nias, Tapanuli Tengah, Sibolga, Langkat, Deli Serdang, dan Medan. Ikan kerapu merupakan jenis ikan yang bisa berganti sendiri jenis kelaminnya. Seperti kerapu lumpur yang masih berumur kurang dari 3 tahun biasanya ikan ini berkelamin betina. Ketika umurnya lebih dari 4 tahun, kelamin ikan berubah menjadi jantan.

Kerapu sunu

Kerapu sunu adalah salah satu jenis kerapu yang menjadi komoditas ekspor dengan harga jual tinggi. Di Indonesia terdapat dua jenis kerapu sunu yang biasa dijadikan komoditas ekspor bernilai tinggi, yaitu P. Leopardus (Leopard corraltrout) dan P. maculatus (Bareed cheeh corral trout).

Baca Juga:  Cara Memberikan Pakan Lele Berdasarkan Jenis Pakannya

Kerapu sunu merupakan ikan konsumsi laut yang memiliki prospek cerah karena teknologi pembenihan massalnya sudah ditemukan. Dengan begitu, ketersediaannya dapat memenuhi seluruh permintaan yang datang, baik untuk pasar lokal maupun internasional.

Kerapu batik

Kerapu batik merupakan jenis ikan karang bernilai ekonomi tinggi dan terdapat banyak di daerah perairan kepulauan, khususnya di wilayah perairan atol. Karena harga jualnya yang tinggi, membuat masyarakat tertarik membudidayakannya.

 

Loading...
Loading...