5 Jenis Rumput yang Dapat Menggemukkan Sapi Potong

Pertanianku — Penggunaan rumput sebagai pakan ternak sudah dilakukan sejak dulu. Rumput merupakan pakan utama dan alami untuk sapi. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis rumput yang dapat digunakan sebagai pakan utama yang unggul untuk sapi potong.

jenis rumput
foto: unsplash

Rumput gajah (Pennisetum purpureum)

Rumput gajah atau elephant grass berasal dari Afrika. Rumput gajah tumbuh 3—4,5 meter bahkan dapat menjulang tinggi hingga 7 meter. Produktivitas rumput gajah segar mencapai 100—200 ton per hektare dalam satu tahun.

Loading...

Rumput gajah digunakan oleh para peternak sapi potong untuk memenuhi kebutuhan pakan sumber serat di peternakannya. Selain kaya akan serat, rumput gajah memiliki kandungan protein sebanyak 8,4—11,4 persen, kandungan lemak 1,7—1,9 persen, dan kandungan serat kasar sebesar 29,5—33 persen. Daya cerna rumput gajah sebesar 52 persen.

Rumput raja (Pennisetum purpupoides)

Rumput raja merupakan jenis rumput yang paling sering digunakan sebagai pakan sumber serat untuk sapi potong selain rumput gajah. Rumput raja berasal dari Nigeria dan tersebar luas di seluruh penjuru Afrika Tropik.

Jenis rumput raja biasanya dikembangkan dengan setek batang atau pols dan berkemampuan tumbuh yang baik pada tanah dari ringan hingga memiliki bobot yang tinggi. Produksi rumput raja segar dapat mencapai 40 ton per hektare untuk sekali panen.

Kandungan nutrisi pada rumput raja terdiri atas protein kasar 13,5 persen, lemak 3,5 persen, abu 18,6 persen, kalsium 0,37 persen, dan fosfor 0,35 persen.

Rumput benggala (Panicum maximum)

Rumput ini biasa disebut juga guinea grass yang berasal dari Afrika Tropik dan subtropik. Rumpu benggala memiliki ciri-ciri bersifat parennial, batang tegak, kuat, dan membentuk rumpun. Produksi rumput benggala segar dapat mencapai 100—150 ton per hektare.

Baca Juga:  Tips Menanam dengan Teknik Akuaponik Antigagal

Kandungan nutrisi rumput benggala adalah protein kasar sebesar 9,5 persen dan bahan kering sebanyak 58,6—66,3 persen.

Rumput meksiko

Rumput ini berasal dari Meksiko. Morfologi rumput meksiko hampir sama dengan tanaman jagung dengan ukuran daun yang lebih lebar dari jenis rumput panjang lainnya. Rumput meksiko memiliki kandungan nutrisi berupa protein kasar 9,16 persen, lemak kasar 2,43 persen, dan BETN 47,33 persen.

Rumput setaria

Rumput setaria dikenal dengan sebutan rumput golden timothy. Rumput ini memiliki daun lebar dan agak berbulu di permukaan atasnya. Komposisi nutrisi yang terkandung di dalam rumput ini berupa protein kasar 8,3 persen, serat kasar 32,5 persen, abu 11,5 persen, dan total digestible nutrients (TDN) 52,88 persen.

Loading...
Loading...