5 Jenis Tanaman Kaktus Hias Paling Cantik


Pertanianku — Popularitas tanaman kaktus hias di Indonesia sangatlah bagus. Kepopulerannya kian meningkat 5 tahun terakhir. Hal itu terbukti dari kian banyaknya penjual serta pembudidaya tanaman kaktus hias ini. Ada 5 jenis tanaman kaktus hias paling cantik yang akan membuat Anda tergoda untuk menanamnya di rumah.

5 jenis tanaman kaktus paling cantik
Pixabay

Sekarang ini, kaktus sudah banyak dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias. Beberapa varietas kaktus memang dikenal mempunyai batang dan bunga yang unik. Bunga kaktus sendiri warnanya bermacam-macam, tergantung dari varietasnya. Beberapa jenis tanaman kaktus hias paling cantik di antaranya:

  1. Kaktus Golden Barrel

Di negara asalnya Amerika Serikat, kaktus golden barrel mempunyai bentuk seperti gentong besar. Di Meksiko dan Texas, kaktus jenis ini bisa mempunyai bentuk yang amat besar. Kaktus jenis ini mempunyai penggemar yang fantastis dan mereka rela membelinya dengan harga tinggi.

  1. Kaktus Astrophytum

Tanaman kaktus hias jenis ini mempunyai batang yang menyerupai buah belimbing. Kaktus astrophytum diprediksi memiliki 100 jenis yang tersebar di dunia. Kaktus hias ini adalah jenis kaktus yang gampang berbunga. Bunga astrophytum sangat indah dengan berbagai warna seperti merah, merah jambu, kuning, dan sebagainya.

  1. Kaktus Ariocarpus

Kaktus ini adalah salah satu jenis yang paling unik di antara kaktus lainnya. Kaktus ariocarpus mempunyai bentuk daun yang membentuk prisma. Bentuk daun ariocarpus ada yang meruncing, melengkung, dan tumpul. Bunga ariocarpus mempunyai warna yang bermacam-macam seperti putih, merah, ungu, pink, dan kuning. Keunikan lainnya dari ariocarpus, yakni tidak punya duri pada batangnya.

  1. Kaktus Ferocactus

Tanaman kaktus hias jenis ini mempunyai karakteristik yang berbeda dari kaktus hias lainnya. Tinggi kaktus ini bisa mencapai 50 sentimeter dengan duri yang tajam dan kokoh yang menyelimutinya. Bila jenis kaktus lain memakai bunga sebagai daya tariknya, maka kaktus ferocactus memakai duri yang tajam tersebut sebagai daya tariknya.

  1. Kaktus Echinofossulocactus
Baca Juga:  Cara Mengatasi Hama Kutu Putih pada Kamboja Jepang

Kaktus jenis ini mempunyai batang berwarna hijau tua dengan duri tajam yang berada di sekelilingnya. Pertumbuhan kaktus ini sangat lambat hampir sama dengan jenis kaktus astrophytum.