5 Jenis Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam pada Akhir Musim Hujan

Pertanianku — Menanam sayur adalah kegiatan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya meredakan stres. Namun, dalam menanam Anda harus memerhatikan jenis tanaman yang dipilih dan cuaca yang sedang berlangsung. Ada beberapa jenis tanaman sayur yang cocok ditanam pada musim hujan dan ada pula yang cocok pada musim kemarau. Jika Anda mengetahui dengan pasti, Anda dapat meminimalisir gagal panen.

tanaman sayur
foto: pertanianku

Tomat

Tomat memiliki segudang manfaat dan bisa diolah menjadi apa saja, masakan, camilan, bahkan buah tomat bisa digunakan sebagai dekorasi makanan yang multifungsi. Tak heran jika banyak masyarakat yang ingin menanam sayuran buah ini.

Loading...

Waktu penanaman tomat yang baik adalah pada saat dua bulan sebelum musim hujan berakhir hingga tiba musim hujan. Tomat yang ditanam pada awal musim hujan lebih rentan terkena penyakit yang menyebabkan buah pecah sehingga kualitasnya menurun.

Mentimun

Mentimun dapat tumbuh baik di dataran rendah dan tinggi hingga ketinggian 1.000 mdpl. Namun, mentimun sering ditemui pada dataran rendah. Mentimun memang jenis tanaman sayur yang selalu membutuhkan air, tetapi tanah untuk menanam mentimun jangan sampai tergenang. Oleh karena itu, waktu yang tepat untuk menanam mentimun pada saat akhir musim hujan atau musim kemarau.

Labu siam

Labu siam sering kali dijadikan lalapan rebus dan dijadikan bahan masakan. Labu siam cocok tumbuh di daerah yang memiliki tingkat kelembapan tinggi dan berhawa sejuk. Syarat yang terpenting adalah tanah subur.

Tanaman ini membutuhkan air yang cukup dan tidak menggenangi tanah perkebunan. Oleh karena itu, waktu tanam yang tepat adalah pada saat akhir musim hujan. Jika ditanam pada musim kemarau, labu siam akan membutuhkan pasokan air yang lebih banyak.

Baca Juga:  Ciri-ciri Bibit Jamur Bermutu Bagus

Kacang panjang

Sebenarnya kacang panjang dapat ditanam setiap saat dan di ketinggian berapa saja. Salah satu syarat yang harus dipenuhi hanyalah tanah yang subur, lapisan tanah bisa menahan air tanah, dan banyak terkena sinar matahari. Namun, sebaiknya kacang panjang ditanam pada akhir musim hujan. Jika ditanam pada musim kemarau, tanaman harus lebih sering disiram atau digenang air.

Buncis

Syarat lahan yang bisa ditumbuhi tanaman buncis adalah tanah yang tidak digenangi air, suhu udara sekitar 20—25°C dan iklim kering saat memasuki masa pertumbuhan. Waktu tanam yang cocok untuk menanam buncis adalah saat menjelang akhir musim hujan. Jika buncis ditanam pada musim hujan, tanaman membutuhkan perawatan secara intensif.

Loading...
Loading...