5 Jenis Tanaman yang Paling Menguntungkan Pertanian Anda

Pertanianku — Dengan adanya teknologi pertanian terbarukan, panen akan lebih melimpah. Namun, akan lebih maksimal lagi apabila Anda menanam jenis tanaman yang paling menguntungkan pertanian Anda.

jenis tanaman
Foto: Pixabay

Banyak petani inspiratif yang berhasil membudidayakan tanaman pertanian yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Adapun definisi tanaman menguntungkan ialah tanaman yang memiliki nilai jual tinggi, mudah ditanam, serta mampu menghasilkan banyak buah. Berikut ini deretan tanaman pertanian paling menguntungkan yang perlu Anda ketahui.

  1. Paprika

Paprika termasuk jenis tanaman yang sensitif terhadap alam. Oleh karena itu, jenis tanaman yang satu ini tidak boleh terkena air hujan. Pasalnya, dapat menyebabkan terjadinya busuk batang serta buah. Tanaman paprika akan memiliki harga jual yang tinggi ketika telah dipanen. Paprika memang termasuk komoditas sayuran kelas menengah ke atas.

Loading...
  1. Tomat

Tomat adalah salah satu jenis tanaman yang menguntungkan. Cara menanam dan budidaya tomat sangatlah mudah. Pasalnya, budidaya tomat tidak membutuhkan waktu yang lama. Terlebih lagi, perawatannya pun sangat mudah dilakukan. Tak hanya itu, tomat juga merupakan jenis tanaman yang selalu laris di pasaran. Dengan begitu, budidaya tomat dapat sangat menguntungkan.

  1. Kacang panjang

Kacang panjang masuk ke kategori tanaman yang bisa cepat tumbuh dalam waktu 1 minggu sehingga panennya juga sangat cepat. Tanaman ini hanya membutuhkan ajir untuk menopangnya. Apabila tanaman tidak tertopang, hasilnya pun tidak baik dan bahkan tidak berbuah. Cara menanam kacang panjang pun mudah dilakukan karena bisa ditanam di hampir semua jenis tanah.

  1. Jagung manis

Tanaman pertanian paling menguntungkan selanjutnya ialah jagung manis. Hal ini dikarenakan, satu jagung manis saja dapat Anda jual dengan harga seribu rupiah. Apabila Anda menanam sebanyak 1.000 tanaman jagung manis, Anda sudah bisa menghasilkan Rp1 juta.

Baca Juga:  Banting Setir Jadi Petani Buah, Sarjana Keuangan Menjadi Miliarder

Apalagi jika Anda dalam satu tanaman terdapat dua jagung manis, tentu saja hasilnya akan menjadi berlipat ganda. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah menanamnya dengan baik dan tepat.

  1. Herbal

Tanaman yang paling menguntungkan lainnya ialah jenis tanamaan herbal. Adapun jenis tanaman herbal di antaranya kunyit, jahe, daun mint, atau daun basil. Jenis tanaman herbal cenderung lebih cepat tumbuh. Tak hanya itu, tanaman herbal ini cocok dengan cuaca cerah.

Untuk memulainya, Anda bisa pilih tanaman herbal yang sering digunakan untuk memasak serta hiasan rumah. Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan perawatan dan penyiraman secukupnya pada jenis tanaman herbal yang Anda pilih tersebut.

Loading...
Loading...